2 Jan 2017

Cara Sehat Mengatasi Lelah

Untuk menjaga produktifitas hidup kita di tuntut untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar setiap saat, namun sering kali rasa lelah datang ketika aktivitas kita terlalu banyak dan berat, akibatnya produktifitas kita akan terhambat karena tubuh menjadi lemah.

Selain aktivitas yang banyak dan berat, sebenarnya ada banyak sebab kenapa tubuh kita mudah lelah saat beraktivitas. Pola hidup yang tidak sehat sering menjadi penyebab utama menurunnya kekebalan tubuh dan mudah lelah, selain itu penyebab yang paling serius adalah adanya penyakit pada tubuh kita.

Cara mudah dan sehat mengatasi lelah setelah beraktivitas

Bagaimana mengatasi lelah setelah bekerja atau beraktifitas? Jika rasa lelah sering kali muncul setelah beraktifitas segeralah memeriksakan diri dan lakukan perubahan pada pola hidup, mulailah dengan menerapkan pola hidup sehat dan periksalah secara rutin kesehatan tubuh untuk mengetahui sejak dini jika tubuh kita terserang penyakit.

5 Pola Hidup Sehat Yang Wajib Kita Terapkan

Tubuh seperti halnya mesin, jika kita rutin merawatnya akan selalu bugar dan sehat, ada banyak cara merawat tubuh dengan benar. Dibawah ini ada 5 pola hidup sehat yang mudah dan wajib kita terapkan agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari rasa lelah yang berlebihan.
Olahraga Rutin
Olahraga adalah aktivitas yang sangat bermanfaat, namun seringkali kita sangat malas untuk melakukannya, olahraga rutin dan teratur sangat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga daya tahan tubuh akan meningkat dan tidak mudah terserang penyakit. Ada banyak macam olahraga yang bisa kita kerjakan dengan santai, seperti jogging dan bersepeda di pagi ataupun sore hari.
Minum Air Putih yang Cukup
Kandungan air dalam tubuh kita sekitar 60% - 70% , untuk itu peran air sangat penting bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi air putih sangat membantu menjaga kadar cairan dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada beberapa fungsi tubuh, seperti pencernaan dan suhu tubuh akan selalu normal.
Hindari Rokok dan Kafein Berlebih
Sudah sangat jelas jika rokok mengandung banyak racun, nikotin dan tar adalah zat berbahaya yang terkandung pada rokok, nikotin membuat kita menjadi kecanduan dan tar akan mengendap dalam paru-paru, sehingga fungsi paru-paru akan terganggu.
Selain rokok, membatasi konsumsi kafein juga sangat disarankan, kafein adalah zat yang terkandung didalam kopi, meskipun kafein termasuk antioksidan, namun mengkonsumsi kafein berlebihan juga berbahaya bagi kesehatan, salah satunya adalah kecemasan dan gangguan tidur.
Tidur yang Cukup
Tubuh sangat membutuhkan istirahat sebagai proses relaksasi, istirahat yang paling baik dan wajib adalah tidur, selama tidur tubuh mengalami proses perubahan fisiologis, seperti penurunan tekanan darah dan relaksasi otot, disamping itu tubuh akan memperbaiki sel-sel yang rusak. Para pakar medis merekomendasikan waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa selama 7 - 8 jam.
Konsumsi Makan Sehat
Makanan sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi, akan tetapi kita juga harus memperhatikan makanan yang kita konsumsi, makanan sehat harus memiliki kandungan gizi yang seimbang, seperti karbohidrat, protein, lemak dan vitamin.

Cara Mengatasi Lelah Setelah Beraktivitas

Meskipun kita telah menerapkan pola hidup sehat, kadang rasa lelah juga bisa menyerang tubuh saat dan setelah beraktivitas, apalagi jika hidup kita jauh dari pola hidup sehat.
Sebenarnya rasa lelah terjadi karena otot tegang dan stres karena terlalu banyak beraktivitas, misalkan setelah melakukan pekerjaan berat yang membutuhkan banyak tenaga dan pikiran.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa lelah setelah beraktivitas.
Istirahat
Segeralah tinggalkan pekerjaan dan bersantailah ketika rasa lelah mulai menyerang, istirahat saat melakukan pekerjaan sangat bermanfaat untuk mengembalikan kebugaran tubuh kita, otot menjadi kendur dan tingkat kejenuhan menurun, sehingga kita tidak mudah terserang stres.
Minum Air Putih
Lelah bisa juga terjadi karena dehidrasi, akibatnya tubuh menjadi lemah dan seringkali rasa kantuk datang, minum air putih disaat lelah menyerang merupakan cara yang sangat efektif.
Mandi Air Hangat
Mandi air hangat juga bisa kita lakukan untuk mengatasi kelelahan setelah beraktivitas, sistem peredaran darah akan lancar sehingga mengurangi stres dan rasa lelah.
Konsumsi Suplemen
Yang perlu kita ketahui, suplemen bukan pengganti asupan makanan bagi tubuh kita, tetapi suplemen berfungsi sebagai pelengkap asupan makanan. mengkonsumsi suplemen dapat menunjang kesehatan tubuh.

Jagalah pola hidup sehat agar kesehatan tubuh kita selalu terjaga dan produktivitas hidup semakin meningkat.

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon