14 Sep 2017

Benarkah Ice Bucket Challenge Berbahaya

Resiko Ice Bucket Challenge Bagi Kesehatan

Tantangan ice bucket challenge baru-baru ini sangat populer di media sosial bahkan sempat menjadi viral, tantangan ini muncul pertama kali dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat pada penyakit sklerosis lateral amiotrofik (ALS), yakni suatu penyakit saraf yang menyerang neuron yang mengendalikan otot lurik. Ice bucket challenge megharuskan seseorang menyiramkan es satu ember diatas kepalanya.

Bukan penyakit sklerosis lateral amiotrofik yang akan kami bahas, tetapi dampak atau resiko dari tantangan ice bucket challenge itu sendiri. Baru-baru ini, beredar sebuah video seorang remaja Amerika Serikat bernama Sergio Cardozo yang meninggal ditempat setelah melakukan tantangan ini, dilaporkan remaja tersebut meninggal setelah lehernya mengalami cidera tertimpa tong sampah yang berisi air es.

Resiko Melakukan Ice Bucket Challenge Bagi Kesehatan


Tantangan ini memang punya tujuan yang mulia yakni mengumpulkan sumbangan untuk penderita ALS, selain itu terlihat biasa saja dan tanpa resiko yang serius, namun jika di tinjau dari medis tantangan ini memiliki beberapa resiko atau dampak yang cukup serius bagi pelakunya.

Berikut sejumlah resiko melakukan tantangan ice bucket challenge.
    1. Cedera Mata
    Resiko ini memang cukup kecil, tetapi bisa saja terjadi karena es batu yang disiramkan diatas kepala berbentuk bongkahan-bongkahan kecil, jika bongkahan es tersebut menggores kornea mata akibatnya mata bisa cidera.

    2. Hipotermia
    Hipotermia yaitu kondisi tubuh yang mengalami penurunan temperatur suhu tubuh secara drastis dibawah suhu termonetral, yakni dibawah 35°C, kondisi ini berdampak terganggunya sistem saraf dan fungsi organ lain didalam tubuh, jika tidak segera diatasi bisa mengakibatkan kegagalan sistem pernafasan dan sistem sirkulasi jantung dan berujung kematian.

    3. Serangan Jantung
    Resiko ice bucket challenge yang sangat serius adalah terkena serangan jantung, siraman air es yang tiba-tiba bisa menyebabkan tubuh shock, akibatnya ritme kerja jantung terganggu karena detak jantung yang langsung menurun.
      Seorang kardiolog dari santa barbara, Dr. Daniel Jurewitz mengatakan "Detak jantung akan menurun dan ritme kerja jantung akan terganggu, ketika seseorang menyiramkan es diatas kepalanya secara tiba-tiba, kondisi ini bisa bisa menyebabkan serangan jantung hingga kematian pada orang-orang tertentu".

      Setelah mengetahui resiko ice bucket challenge apa anda tertarik untuk melakukannya? jika masih tertarik sebaiknya dilakukan lebih hati-hati, dan sangat tidak dianjurkan bagi penderita lemah jantung ataupun bagi yang memiliki tubuh kurang sehat, dan yang paling penting jangan lakukan pada anak-anak.

      Baca Juga :

      kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
      Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

      Follow sosial media kabarklinik berikut

      1 comments so far


      EmoticonEmoticon