30 Sep 2017

5 Jenis Jerawat yang Paling Sering Terjadi dan Penyebabnya

5 Macam Jenis Jerawat yang Paling Sering Terjadi dan Penyebabnya
Photo by Clem Onojeghuo on Unsplash

5 Jenis Jerawat yang Paling Sering Terjadi dan Penyebabnya - Jerawat (Acne Vulgaris) menjadi salah satu penyakit kulit yang sering kali muncul pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, dada dan punggung. Jerawat seringkali dianggap tidak berbahaya, namun faktanya jerawat sangat menggangu penampilan seseorang bahkan bisa menjadi masalah serius jika tidak segera diobati.

Jerawat biasanya terjadi pada seseorang berusia dibawah 30 tahun dan remaja akibat fluktuasi horman pada masa puber yang menimbulkan banyak masalah di kulit. Selain itu jerawat juga bisa tumbuh pada seseorang yang sudah melewati masa puber bahkan usia diatas 30 tahun meskipun intensitasnya lebih sedikit.

Penyebab Umum Tumbuhnya Jerawat


Pada kulit manusia terdapat pori-pori yang terhubung dengan kelenjar minyak melalui folikel, kelenjar minyak tersebut menghasilkan sebum atau cairan berminyak yang fungsinya membawa sel kulit mati ke permukaan kulit melalui folikel. Jerawat akan tumbuh ketika folikel tersumbat akibatnya akan terjadi penumpukan minyak dan sel kulit mati.

Penyebab munculnya jerawat umumnya terjadi karena perubahan kadar hormon pada masa puber yang berakibat meningkatnya produksi minyak berlebih dan menyumbat pori-pori. Pada kondisi ini bakteri Propionobacterium acnes sebagai bakteri penyebab jerawat akan tumbuh dan menyebabkan iritasi kulit hingga penyebabkan pembengkakan. Jerawat juga bisa tumbuh pada wanita selama masa kehamilan dan siklus menstruasi.

Selain faktor perubahan hormon, jerawat juga bisa tumbuh karena faktor genetika atau keturunan, seseorang yang kedua orang tuanya berjerawat lebih cenderung memiliki resiko terkena jerawat.

Jenis-jenis Jerawat yang Umum Terjadi


1. Komedo
 Komedo termasuk jenis jerawat ringan, komedo terbagi menjadi 2, yaitu:
  • Blackhead (komedo terbuka), komedo ini muncul dipermukaan kulit dengan kepala komedo berwarna hitam
  • Whitehead (komedo tertutup), komedo ini berada dibawah permukaan kulit dengan kepala komedo berwarna putih.
2. Papula
Jerawat jenis ini muncul di permukaan kulit berbentuk benjolan kecil berwarna merah
    3. Pustula
    Jerawat ini muncul dipermukaan kulit, pada bagian pangkal berwarna merah muda dan dan kepala berwarna putih, jerawat ini berisi nanah.
      4. Nodul
      Jenis jerawat ini berukuran besar dan sakit bila disentuh, terbentuk dibawah permukaan kulit kemudian mebentuk komedo yang keras dan meradang,
        5. Jerawat Batu
        Jerawat batu memiliki karateristik yang sama dengan nodul, tetapi memiliki ukuran yang lebih besar, tebentuk dibawah permukaan kulit dan berisi nanah.

          Demikian jenis-jenis jerawat yang paling sering terjadi beserta penyebabnya, biasakan selalu membersihkan wajah dan jangan sering menyentuh jerawat apalagi memencetnya, karena hanya akan memperparah kondisinya.

          Baca Juga :

          kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
          Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

          Follow sosial media kabarklinik berikut


          EmoticonEmoticon