28 Sep 2017

Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh dan Melindungi Dari Stroke

Coklat salah satu makanan yang banyak digemari karena aroma dan rasanya yang unik, mengkonsumsi coklat secara berlebihan berpotensi terkena penyakit seperti diabetes. Namun, ternyata coklat juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jika kita bijak dalam mengkonsumsinya.

Salah satu manfaat coklat bagi kesehatan tubuh yakni melindungi tubuh dari serangan stroke, sebuah penelitian di Stocholm Swedia pada tahun 2011 yang melibatkan 33 ribu partisipan perempuan berusia 49-83 tahun, menyimpulkan bahwa perempuan yang banyak mengkonsumsi coklat berpotensi terserang stroke lebih kecil hingga 20%.

Kenapa Coklat Bermanfaat Bagi Kesehatan

Didalam coklat terdapat zat flavanol yang terkandung didalam kokoa, zat flavanol inilah yang berfungsi sebagai antioksidan pada tubuh, memelihara kesehatan hati, melancarakan sirkulasi darah dan bahkan dapat mengurangi resiko terjadinya penggumpalan darah yang bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Kandungan flavanol pada setiap coklat berbeda-beda, coklat dengan prosentase kokoa lebih tinggi memiliki kandungan flavanol dan antioksidan lebih banyak. Sejumlah peneliti menyebutkan coklat hitam memiliki khasiat flavanol lebih tinggi dibanding jenis coklat lainnya.

Cara Mengkonsumsi Coklat Agar Bermanfaat Bagi Kesehatan

Coklat yang beredar dipasaran umumnya coklat yang memiliki banyak bahan tambahan dan pemanis berlebih, akibatnya ketika di konsumsi justru sangat beresiko terkena berbagai penyakit seperti obesitas dan berbagai penyakit serius lainnya.

Baca Juga: Obesitas dan Efek Mengerikan Bagi Kesehatan Tubuh

Bubuk coklat tanpa pemanis bisa menjadi pilihan terbaik jika kita ingin mengambil manfaat dari coklat, campurkan dengan susu rendah lemak atau dengan makanan dan minuman yang anda konsumsi.

Selain itu bisa juga dengan membuat kue dengan bahan dasar bubuk coklat hitam dengan menambahkan beberapa bahan tambahan dan pemanis asal tidak berlebihan. Jadi, makan beberapa keping kue coklat sebagai bagian dari diet dan gaya hidup yang bisa dinikmati tanpa rasa bersalah.

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon