5 Sep 2017

Obat Batuk Alami Untuk Bayi dan Anak

Obat Batuk Bahan Herbal Untuk Bayi dan Anak

Orang tua tentu akan merasa gelisah ketika anak terserang batuk, apalagi jika batuk  berkepanjangan dan tak kunjung sembuh, bisa jadi itu gejala adanya infeksi saluran pernafasan yang lebih serius. Ada baiknya orang tua mencari tahu penyebab batuk pada anak dan segera melakukan pemberian obat batuk untuk anak.

Penyebab batuk pada bayi dan anak-anak umumnya sama dengan penyebab batuk pada orang dewasa, yakni karena terjadi infeksi pada saluran pernafasan akibat virus, selain itu bisa juga karena alergi, asma, iritan dan penyebab lainnya.

Pengobatan batuk pada bayi dan anak-anak tentu tidak bisa disamakan dengan orang dewasa, perlu diingat bahwa kekebalan tubuh bayi dan anak-anak tidak sekuat orang dewasa. Ada baiknya orang tua mencoba obat batuk alami untuk bayi dan anak, karena pengobatan alami atau herbal tidak memiliki efek samping yang berlebih seperti pada obat-obatan kimia.

Resep Bahan Herbal Untuk Menyembuhkan Batuk Anak

    Penggunaan bahan-bahan alami atau herbal untuk pengobatan akan mengurangi resiko terjadinya pengendapan sisa obat pada tubuh yang bisa menjadi racun, karena obat kimia bersifat paliatif, selain itu penggunaan obat herbal akan mengurangi efek samping yang bisa menyebabkan iritasi lambung, hati ginjal dan lainnya.

    Berikut beberapa resep manjur obat batuk alami dengan bahan-bahan disekitar kita,

    1. Jahe dan Kencur
    Jahe dan kencur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.
    Jahe memiliki senyawa kimia yang bisa menyebabkan efek positif pada lambung dan usus, selain itu juga juga bisa meredam rasa mual dan memberikan rasa hangat pada tubuh dan tenggorokan.
      Sedangkan kencur merupakan tanaman herba yang memiliki khasiat anti inflamasi, tanaman ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti pati, mineral dan minyak atsiri, berbagai kandungan inilah yang membuat kencur efektif sebagai obat batuk.

      Cara  membuat ramuan kencur dan jahe untuk obat batuk anak.
      • Siapkan jahe dan kencur secukupnya, kurang lebih masing-masing sekitar 1cm
      • Bersihkan kedua bahan tersebut lalu parut atau bisa juga cukup di memarkan
      • Rebus parutan kedua bahan tersebut dengan air sekitar 1 gelas hingga air tesisa separuhnya
      • Saring air rebusan tersebut
      • Bisa ditambahkan madu atau gula sedikit untuk memberikan sedikit rasa manis
      • Minum ramuan ini 2 kali sehari

      2. Jeruk Nipis dan Madu
      Pengobatan batuk pada anak bisa juga dengan ramuan jeruk nipis dan madu, tetapi dengan catatan batuk tidak disertai radang atau sakit tenggorokan, jika ada radang atau sakit tenggorokan sebaiknya cukup mengkonsumsi madu setiap beberapa jam sekali satu sendok.

      Jeruk nipis mengandung minyak atsiri yang berkhasiat mengendalikan otot-otot pernafasan sedangkan madu mengandung lebih dari 180 nutrisi dan zat anti oksidan, itulah sebabnya madu sangat efektif untuk dijadikan pereda berbagai penyakit termasuk batuk.

      Cara membuat ramuan jeruk nipis dan madu untuk obat batuk anak.
      • Siapkan jeruk nipis dan madu alami asli secukupnya
      • Belah jeruk nipis dan peras airnya
      • Ambil air perasan jeruk nipis tersebut 1 sendok dan tambahkan madu 1 sendok
      • Aduk hinga tercampur 
      • Minum 2 kali sehari pagi dan malam

      3. Kunyit
      Kunyit mengandung minyak atsiri, curcumin, turmeron, dan zingiberen, kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kunyit juga dipercaya dapat menyembuhkan batuk untuk bayi dan anak-anak.

      Cara membuat ramuan kunyit untuk obat batuk anak
      • Siapkan 1 ruas kunyit
      • Cuci bersih dan Parut
      • Peras hasil parutan kunyit tersebut untuk diambil airnya
      • Campurkan 2 sendok air matang dan bisa juga ditambahkan madu 1 sendok
      • Aduk hingga tercampur
      • Minum 2 kali sehari
      Demikian artikel Obat Batuk Alami Untuk Bayi dan Anak, semoga bermanfaat.

      Baca Juga :

      kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
      Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

      Follow sosial media kabarklinik berikut


      EmoticonEmoticon