28 Sep 2017

Sarapan Sehat Untuk Tubuh Lebih Berenergi

Manfaat Sarapan Sehat Untuk Tubuh Lebih Berenergi

Sarapan atau makan pagi sering dilewatkan oleh kebanyakan orang dan lebih cenderung memilih makan siang dan makan malam. Umumnya orang beralasan karena tidak cukup waktu, sedang diet maupun tidak merasa lapar dipagi hari, padahal faktanya sarapan sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi untuk mulai beraktivitas.

Memulai hari tanpa sarapan biasanya terbentuk karena kebiasaan karena berbagai alasan dan menganggap sarapan tidak begitu penting, akibatnya banyak yang merasa lapar dan lemah sebelum waktu makan siang tiba dan tentu saja sangat menggangu aktivitas.

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

 

Sebenarnya banyak sekali manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh, jika anda termasuk orang yang punya kebiasaan melewatkan sarapan pagi, cobalah untuk mengubah kebiasaan tersebut dengan mempertimbangkan manfaat sarapan pagi berikut ini.

1. Kecukupan Gizi
Makan pagi dengan menu yang bernutrisi akan memberikan kecukupan gizi bagi tubuh, sehingga tubuh memiliki cukup energi untuk beraktivitas, meningkatkan daya konsentrasi dan mental akan lebih terkontrol.
    2. Berat badan Terkontrol
    Kebanyakan orang yang memulai aktivitas tanpa sarapan pagi akan merasa sangat lapar dan lemah saat makan siang, sehingga kenginan mengkonsumsi makanan berkalori menjadi lebih tinggi dengan porsi makan yang lebih banyak. Akibatnya tubuh berpotensi mengalami kenaikan berat badan karena  jumlah kalori yang masuk tidak seimbang dengan yang dibutuhkan tubuh.
      3. Mencegah Kadar Kolesterol Tinggi
      Sarapan dengan menu tepat dapat meningkatakan proses metabolisme tubuh menjadi lebih baik, sehingga terjadi pembakaran lemak dan menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh.

      Menu Sehat Untuk Sarapan Pagi


      Untuk mendapatkan manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh, dibutuhkan asupan yang baik didalam menu sarapan pagi. Karbohidrat dan protein adalah nutrisi yang sangat diperlukan tubuh untuk menjaga stamina didalam beraktivitas sepanjang hari.

      Dalam memilih menu sarapan, pilihlah bahan makanan yang mengandung gizi cukup dan hindari makanan olahan seperti sereal atau roti tawar, karena makanan olahan berpotensi meningkatkan kadar gula darah atau insulin didalam tubuh. karbohidrat yang baik untuk sarapan bisa kita dapatkan dari biji-bijian, buah dan sayuran.

      Berikut menu sarapan sehat praktis yang bisa anda coba:
      •  Telur omelet yang bisa dipadukan dengan sayuran
      •  Telur dadar atau ceplok dan bisa ditambah sepotong buah segar
      •  Tahu tempe dengan sayur bening bayam

      Menjaga pola makan dengan makanan bergizi membantu anda menjadi lebih sehat, tidak lupa olahraga secara teratur dan tetap menjaga pola hidup sehat dan seimbang.

      Baca Juga :

      kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
      Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

      Follow sosial media kabarklinik berikut


      EmoticonEmoticon