21 Okt 2017

5 Alasan Anda Wajib Punya BPJS Kesehatan

5 Alasan Kenapa Anda Wajib Punya BPJS Kesehatan Agar Kesehatan Terjamin dan Terlindungi

Hampir semua masyarakat indonesia sudah tahu apa itu BPJS Kesehatan, salah satu program pemerintah yang bertujuan mewujudkan terselenggaranya jaminan kesehatan yang layak sebagai pemenuhan dasar hidup penduduk indonesia. Setiap warga negara diharapkan menjadi peserta BPJS Kesehatan untuk mendapat jaminan kesehatan dan terlindungi dari tingginya biaya pengobatan.

Kesehatan adalah harta yang tidak ternilai dan program BPJS Kesehatan adalah sebuah investasi besar untuk melindungi harta tersebut demi kelangsungan hidup seseorang dan keluarganya. Namun, faktanya di masyarakat masih banyak yang belum sadar dan tidak memiliki BPJS Kesehatan dengan berbagai alasan.

Di beberapa negara eropa, asuransi kesehatan merupakan kebutuhan pokok yang wajib dimiliki oleh setiap warganya, selain tingginya tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan kondisi finasial yang memadai, juga didukung sistem pengelolaan jaminan kesehatan yang baik oleh pemerintah.

Di jerman misalnya, setiap warga negara wajib memiliki asuransi kesehatan dan bebas memilih polis asuransi umum yang disukai. Selain jerman, Inggris juga memiliki warga negara yang tingkat kesadarannya tinggi akan pentingnya asuransi kesehatan, penerapan jaminan kesehatan dikelola pemerintah inggris dengan sistem berbasis pajak, hal itu bisa dilakukan karena kesadaran membayar pajak juga tinggi.

Pentingnya BPJS Kesehatan Agar Kesehatan Terlindungi


Untuk menumbuhkan tingkat kesadaran masyarakat indonesia akan pentingnya asuransi kesehatan, pemerintah mengeluarkan BPJS Kesehatan yang dikelola berbasis asuransi, meskipun masih ada beberapa kekuarangan dalam penerapannya, namun harus diakui BPJS Kesehatan merupakan jaminan kesehatan yang bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Bagi anda yang belum atau bahkan tidak mau memiliki BPJS Kesehatan, berikut 5 alasan kenapa anda wajib punya BPJS Kesehatan.

1. Sakit Tidak Bisa Diprediksi
Sakit bisa datang kapan saja tanpa memilih kelas sosial, tidak memandang apakah miskin atau kaya dan siap atau tidak. Kadang meskipun sudah menjaga kesehatan dengan baik, penyakit bisa datang dengan berbagai sebab dan tentu biaya perawatan atau pengobatan akan dibutuhkan.

Bagaimana jika sakit datang pada saat kondisi finasial atau kondisi ekonomi tidak baik, disinilah BPJS Kesehatan hadir sebagai alternatif untuk menjamin biaya pengobatan dan perawatan yang dibutuhkan.

2. Tingginya Biaya Kesehatan
Berkembangnya jaman juga berdampak pada tingginya biaya perawatan maupun pengobatan, hal itu terjadi karena semakin majunya ilmu kedokteran dan peralatan medis yang semakin canggih dan mutakhir, sehingga biaya kesehatan yang ditanggung oleh pasien juga semakin besar.

Menurut survey tahun 2016 yang dilakukan oleh Willis Tower Watson dalam Global Medical Trend menyebutkan terjadi kenaikan tarif medis dunia sekitar 8 persen dan akan terus berkembang setiap saat.

3. Perkembangan Pola Penyakit
Jaman dulu mungkin hanya mengenal penyakit-penyakit ringan seperti batuk, pilek, gatal-gatal maupun demam dan sangat jarang dijumpai penyakit mematikan yang membutuhkan biaya pengobatan mahal seperti misalnya jantung, kangker, stroke, diabetes dan lain sebagainya.

Seiring kemajuan jaman dan pola hidup yang serba instan, terjadi pergeseran pola penyakit pada masyarakat. Penyakit-penyakit kritis tumbuh subur dimasyarakat yang tentu saja mebutuhkan obat-obatan dan peralatan medis yang tidak murah.

4. Pelayanan Cukup Baik
Menurut data yang diambil di web bpjs-kesehatan.go.id, salah satu lembaga survey ternama Myriad Research Comitted menyatakan sebanyak 81 persen dari total 17.280 responden masyarakat menyatakan puas terhadap layanan BPJS Kesehatan, angka tersebut melampaui target pemerintah yaitu sebesar 75 persen.

Berdasarkan hasil survey diatas, itu artinya pelayanan kesehatan yang menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan sudah cukup baik, meskipun ada beberapa kasus pasien yang tertolak rumah sakit, namun prosentasenya sangat kecil dan jauh jika dibandingkan dengan prosentase tingkat kepuasan masyarakat terhadap BPJS Kesehatan.

5. Premi / Iuran Murah dan Fleksibel
Besarnya premi atau iuran yang ditanggung peserta BPJS Kesehatan tergolong murah jika dibandingkan premi asuransi lainnya, iuran perbulan tergantung dari kelas perawatan rawat inap yang dipilihpada saat mendaftar BPJS Kesehatan. Ada 3 kelas BPJS yang bisa dipilih, kelas 1 besaran premi 80.000/bulan, kelas 2 besaran premi 51.000/bulan dan kelas 3 dengan besaran premi 25.500/bulan.

Biaya kepesertaan BPJS Kesehatan juga fleksibel, peserta BPJS Kesehatan bisa naik kelas diatasnya dengan cara mendatangi kantor BPJS terdekat, jika hanya menginginkan kenaikan kelas kamar pada saat rawat inap, pasien bisa mengajukan dengan membayar biaya selisih yang sudah ditentukan oleh rumah sakit.

Baca Juga: Cara Mudah Mendaftar BPJS Kesehatan Online dan Langsung Ke kantor BPJS

Dengan 5 Alasan Anda Wajib  Punya BPJS Kesehatan diatas, diharapkan tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan pentingnya BPJS Kesehatan akan semakin tinggi. Namun demikian, menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat dan seimbang serta olahraga teratur tetap harus dijalankan.

BPJS Kesehatan hadir sebagai alternatif untuk menjamin dan melindungi kesehatan masyarakat dari biaya pengobatan yang tinggi dengan fasilitas layanan kesehatan yang baik dan mudah.

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon