1 Okt 2017

Mengatasi Sifat Pelupa Dengan Tips Jitu

Cara Mengatasi Sifat Pelupa Dengan Tips Jitu Agar Ingatan Cepat Pulih

Mempunyai sifat pelupa memang sangat menjengkelkan, selain sering kehilangan momen penting juga sangat menggangu aktivitas sehari-hari. Sifat pelupa atau pikun biasanya terjadi pada orang berusia tua atau manula, tetapi tak jarang usia muda juga mempunyai sifat pelupa dan jika tidak segera diatasi bisa bertambah parah.

Sifat pelupa terjadi karena penurunan sifat kognitif otak jangka pendek, kondisi tersebut biasanya berhubungan dengan kekurangan vitamin B12 atau pada usia tua karena adanya penyusutan otak. Selain itu bisa juga karena gangguan penyakit (tiroid, gejala stroke) dan gangguan psikologis (cemas, stres maupun kelelahan)

Baca Juga: Cara Sehat Mengatasi Rasa Lelah

Sifat pelupa bisa juga merupakan gejala demensia atau bahkan penyakit serius seperti alzheimer. Perbedaanya sifat pelupa umumnya hanya tidak bisa mengingat pada hal detail dan bersifat sementara, sedangkan demensia bisa lupa sama sekali dengan apa yang terjadi pada dirinya dan sekitarnya bahkan disorientasi (misalkan lupa jalan pulang pulang atau lupa nama anggota keluarga dekat).

10 Cara Jitu Mengatasi Sifat Pelupa 

 

Sampai saat ini belum ada obat medis untuk mengobati sifat pelupa, namun sifat pelupa atau penyakit lupa bisa dihilangkan dengan beberapa kiat atau latihan dan asupan nutrisi yang tepat.

Berikut tips mengatasi sifat pelupa yang bisa dicoba.
    1. Membuat daftar aktivitas dan buku catatan
    Buatlah daftar kegiatan dan buku catatan yang akan dikerjakan, dan hapuslah setiap kegiatan yang sudah dikerjakan. Hal ini dapat membantu mengingatkan kembali apa yang harus dikerjakan dan jika dilakukan terus menerus dapat membantu memulihkan ingatan.

    2. Persiapkan sesuatu dengan baik
    Mempersiapkan sesuatu dengan baik dapat membantu meminimalisir sifat pelupa, misalkan mempersiapkan barang yang harus dibawa ke kantor pada esok hari.

    3. Buat tempat khusus menaruh barang
    Biasanya kita akan lupa pada barang yang kecil seperti kunci, buatlah tempat yang khusus digunakan untuk menaruh barang kecil dan penting. Atau bisa juga membuat tempat penyimpanan barang sesuai dengan kategorinya, misalkan tempat khusus untuk menaruh perlatan tulis.

    4. Belajar fokus 
    Fokus pada pada setiap hal dan sesuatu yang sedang kita kerjakan akan membantu meningkatkan konsentrasi dan memulihkan daya ingat otak, belajar fokus memang terdengar sulit, tetapi jika dilatih dengan serius pasti akan berhasil.

    5. Mengingat ulang
    Mengingat kembali hal-hal yang telah dijadwalkan pada hari sebelumnya dapat mengurangi resiko lupa dan melatih ingatan.

    6. Konsumsi makan yang sehat dan bergizi
    Konsumsilah makanan yang mengandung gizi dan nutrisi, sayuran seperti kol, brokoli dan sayuran hijau dapat membantu meningkatkan memori otak.

    7. Minum air putih yang cukup
    Otak memiliki kandungan air sebesar 75%, Otak menjadi kurang aktif dan tidak brekembang apabila kekurangan pasokan air, akibatnya kerja otak tidak maksimal dan daya ingat melemah.

    8. Cukup istirahat
    Istirahat yang cukup dan tidur yang berkualitas dapat meningkatkan kinerja otak dan meningkatkan daya konsentrasi.

    9. Olahraga teratur
    Olahraga secara teratur dapat membuat tubuh menjadi bugar dan sehat, saat tubuh sehat otak menjadi lebih fokus.

    10. Minta bantuan orang lain
    kerjasama dengan orang lain seperti istri, kakak atau adik dengan cara memberi tahu mereka sesuatu yang akan anda kerjakan dan mintalah mereka agar nanti membantu mengingatkan.

    Memiliki ingatan yang baik merupakan hal yang penting, untuk itu lakukanlah 10 tips mengobati penyakit lupa diatas dengan rutin agar sifat pelupa cepat teratasi.

    Baca Juga :

    kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
    Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

    Follow sosial media kabarklinik berikut


    EmoticonEmoticon