2 Okt 2017

Cara menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami Lebih Efektif

Cara menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami Lebih Manjur dan Aman Bagi Kesehatan

Jerawat merupakan penyakit yang sangat menyebalkan, seringkali aktivitas diluar terganggu karena rasa percaya diri menurun akibat memiliki jerawat. Menghilangkan jerawat memang tidak gampang, meskipun ada beberapa jerawat yang bisa sembuh dengan sendirinya.

Beberapa orang beranggapan memencet jerawat bisa mengatasi jerawat, faktanya memencet jerawat justru beresiko menyebabkan infeksi dan peradangan hingga meninggalkan bekas luka permanen pada kulit.

Bahkan beberapa pakar menyebutkan ada pembuluh darah disekitar hidung, mulut dan mata yang mengalir ke bagian belakang kepala di dasar otak, biasa disebut "segitiga kematian". Jika area tersebut terkena infeksi karena memencet jerawat, akibatnya bisa menyebabkan kelumpuhan, kebutaan bahkan kematian.

Baca Juga: Jenis Jerawat yang Paling Umum dan Penyebabnya

Cara mengatasi jerawat bisa dengan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita, selain lebih murah juga aman terhadap efek samping yang ditimbulkannya. Jika dilakukan secara rutin bisa mengobati jerawat tanpa meninggalkan bekas.

Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi jerawat secara alami.

1. Lemon
Air perasan lemon bisa digunakan untuk membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat minyak maupun sel kulit mati, kandungan vitamin C (asam askorbat) yang tinggi pada lemon mampu mengurangi masalah peradangan kulit berjerawat.
Caranya cukup sederhana, pertama ambil satu buah lemon, iris menjadi 2 dan peras airnya, balurkan air perasan lemon pada wajah biarkan sampe kering, lalu bilas dengan air bersih.

2. Ketimun
Ketimun atau mentimun memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga memiliki efek menyejukan, selain itu timun juga kaya akan vitamin A,B,C serta mineral yang sangat baik untuk perawatan kulit wajah dan mengurangi pembengkakan jerawat.
Ambilah ketimun lalu potong tipis-tipis, tempelkan irisan mentimun kewajah dan diamkan sekitar 15 menit, setelah itu bilas wajah dengan air hangat.

3. Madu dan Kayu Manis

Cara menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami Lebih Manjur dan Aman Bagi Kesehatan

Madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya dapat menyembuhkan luka dan mengobati jerawat, sementara kaya manis berfungsi sebagai antioksidan, anti mikroba dan anti parasit. Campuran madu dan kayu manis bisa digunakan untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan jerawat.
Campurkan madu dan bubuk kayu manis, aduk kedua bahan tersebut hingga merata kemudian oleskan pada wajah sebagai masker, biarkan sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4.Es Batu
Es batu bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi jerawat, sifat dingin pada es batu mampu mengurangi peradangan jerawat.
Ambilah es batu (bisa juga dibungkus dengan kain tipis), tempelkan pada jerawat dan tahan selama 1-2 menit untuk mendapatkan efek dingin dan segar.

5. Lidah Buaya
Lidah buaya dikenal sebagai tanaman obat, terdapat 72 jenis zat dan 200 senyawa yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit, kandungan hormon giberelin, polisakarida serta antioksidan, mineral, vitaman C dan E mampu menyembuhkan jerawat dengan cepat.
Ambil gel yang terdapat didalam lidah buaya, haluskan gel dan oleskan pada area wajah yang berjerawat, biarkan sekitar 5 m3nit lalu bilas dengan air bersih.

6. Putih telur
Kandungan protein dan vitamin pada putih telur dapat membantu mengatasi pori-pori yang tersumbat dan mengontrol minyak pada wajah, selain itu, kandungan enzim lysozim pada putih telur bermanfaat untuk menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat.
Pisahkan putih telur lalu kocok hingga mengembang, oleskan putih telur pada wajah, biarkan sekitar 10 menit lalu bersihkan dengan air.

Cara menghilangkan jerawat secara alami diatas bisa dijadikkan alternatif sebelum melakukan pengobatan dengan obat-obatan medis. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon