19 Okt 2017

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Bagi Pengendara Motor Agar Prima

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Bagi Pengendara Motor Agar Selalu Prima
Joshua Humphrey on Unsplash

Menjaga kesehatan tubuh bagi pengendara motor seperti gojek wajib dilakukan, banyak resiko yang harus ditanggung ketika kesehatan tubuh diabaikan oleh driver gojek, asap dan debu jalanan serta duduk lama diatas kendaraan dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti asma bahkan beresiko terkena penyakit kardiovaskular.

Pada umumnya driver gojek maupun pengendara motor atau mobil lainya akan menghabiskan waktu sepanjang hari diatas kendaraan tanpa peduli cuaca maupun tingkat polusi udara dijalanan, jika tidak memiliki tubuh yang prima berpotensi mengalami gangguan kesehatan yang tidak sedikit.

Resiko Gangguan Kesehatan Bagi Pengendara Motor

Bagi pengendara motor dalam jangka waktu lama maupun ruitn seperti gojek, memiliki banyak resiko gangguan kesehatan. Berikut resiko gangguan kesehatan bagi driver gojek maupun pengendara motor lainnya.

1. Gangguan pada pinggul, bahu, leher dan tulang belakang 
Driver gojek maupun pengendara motor umumnya mengeluhkan rasa nyeri pada bagian belakang, hal ini dikarenakan duduk diatas kendaraan dalam waktu lama membuat otot-otot bagian belakang menjadi tegang, akibatnya akan menimbulkan rasa nyeri pada pinggul, bahu, leher dan tulang belakang. Jika hal ini dibiarkan tanpa ada penganan akan mengakibatkan cidera pada tulang belakang.

2. Gangguan pernapasan
Gangguan pernapasan dan rusaknya paru-paru menjadi gangguan kesehatan yang paling mudah menyerang pada driver gojek maupun pengendara motor lainnya. Debu dan asap kendaraan bermotor sangat berbahaya bagi kesehatan pernapasan. Seperti kita tahu, asap kendaraan bermotor mengandung karbon monoksida, hidrokarbon, nitrogen oksida dan zat-zat berbahaya lainnya.

3. Gangguan kulit
Driver gojek maupun pengendara motor lainnya sangat berpotensi mengalami gangguan kulit, paparan ultraviolet yang berlebihan dalam jangka waktu lama dapat merusak serat kolagen dan elastin, akibatnya kulit akan tampak keriput dan mudah memar. Selain itu juga dapat menyebabkan kanker kulit karena radiasi ultraviolet yang berlebihan yang merusak materi genetik pada sel kulit.

4. Dehidrasi
Dehidrasi bisa menjadi gangguan kesehatan yang dialami driver gojek maupun pengendara motor lainnya, sebuah setudi mengungkapkan jika berkendera saat dehidrasi dapat mengakibatkan banyak kesalahan dalam mengemudi, efeknya sama dengan mabuk. Selain itu, dehidrasi juga bisa menurunkan konsentrasi saat mengemudi yang bisa berdampak buruk bai pengemudi.

5. Penyakit diabetes
Duduk diatas kendaraan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan menurunnya fungsi pangkreas, sehingga produksi insulin terganggu, akibatnya glukosa tidak terserap tubuh dan berkembang dalam darah yang dapat meyebabkan penyakit diabetes.

6. Serangan jantung
Data sebuah penelitian menunjukan bahwa duduk terlalu lama didepan televisi lebih dari 4 jam setiap harinya memiliki resiko penyakit jantung dan serangan jantung meningkat hingga 125 persen. Kondisi tersebut juga bisa terjadi bagi pengendara motor maupun gojek.

7 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Bagi Pengendara Motor atau Gojek

Mencegah gangguan kesehatan akibat terlalu lama mengemudi harus dilakukan, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar tubuh lebih prima dan berkendara lebih aman.

1. Pola Makan Sehat dan Berimbang
Menjaga pola makan sehat dan berimbang merupakan kebutuhan wajib bagi seseorang yang sering berkendara maupun seoirang driver gojek. Selain berfungsi sebagi sumber energi, makanan sehat juga menjaga kesehatan tubuh, tulang dan otot.

Seorang pengendara motor maupun driver gojek sangat rawan terserang penyakit jika tubuh kurang asupan nutrisi. Makan berimbang juga dibutuhkan untuk menghindari obesitas akibat kelebihan kalori yang tidak terbakar.

2. Olahraga Teratur
Olahraga rutin dan teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit, selain itu juga mampu menurunkan tingkat stres. Pengendara motor atau driver gojek akan kehilangan konsentrasi ketika stres.

3. Minum Air Putih yang Cukup
Salah satu resiko gangguan kesehatan bagi pengendara motor maupun driver gojek yaitu dehidrasi, karena itu minum air putih sangat dianjurkan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.
 
4. Cukup Istirahat
Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan bagi pengendara motor maupun driver gojek untuk mengatasi rasa lelah. Istirahat yang cukup juga bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel yang rusak saat beraktivitas, meningkatkan energi, meningkatkan konsentrasi, memperbaiki metabolisme tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Konsumsi Buah dan Sayur
Mengkonsumsi buah dan sayur dapat terhindar dari alergi yang mungkin disebankan karena debu maupun asap kendaraan bermotor, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang akan memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik dan terhindar dari alergi jika makan buah apel tanpa dikupas 5 kali dalam seminggu.

Selain itu, buah dan sayur juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit usia dan menjaga kesehatan tulang dan gigi.

6. Pemanasan Sebelum Berkendara
Lakukan pemanasan saat pertama kali akan berkendara, fungsinya membantu memperlancar aliran darah ke otot agar otot tidak terlalu tegang atau kram dan mengurangi resiko cidera saat berkendara.

7. Gunakan Masker dan Tabir Surya / Sunblock
Sebaiknya gunakan masker saat berkendara agar terhindar dari gangguan pernapasan akibat polusi udara. Selain itu, paparan sinar matahari juga berdampak buruk bagi kesehatan kulit, gunakan tabir surya dengan tingkat SPF 15 atau lebih dan gunakan tabir surya yang mampu melindungi dari radiasi ultra violet A dan ultra violet B.

Begitu pentingnya kesehatan tubuh bagi pengendara motor maupun seorang driver gojek agar seluruh aktivitas tidak terganggu.

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon