9 Okt 2017

Cara mengecilkan Perut Buncit Secara Alami dan Sehat

Cara mengecilkan Perut Buncit Secara Alami dan Sehat Dengan Cepat

Dalam dunia medis perut buncit juga bisa disebut obesitas sentral, dimana terjadi penumpukan lemak pada bagian perut akibat dari kelebihan kalori yang tidak terbakar. Mengatasi perut buncit memang tidak mudah, butuh ketekunan dalam latihan dan konsistensi menjaga pola hidup sehat.

Perut buncit, selain mengganggu penampilan juga bepotensi terserang berbagai penyakit kronis, seperti stroke, tekanan darah tinggi dan serangan jantung, karena itu memiliki perut buncit harus segera diatasi. Cara terbaik mengatasi perut buncit yaitu dengan mengetahui penyebabnya.

Penyebab perut buncit secara umum sudah pernah dibahas dalam artikel kesehatan sebelumnya, atau baca link dibawah ini:

Baca Juga: 8 Kebiasaan Penyebab Perut Buncit yang Sering Diabaikan

Jika sudah mengetahui kebiasaan yang menyebabkan perut buncit, segera kurangi atau tinggalkan kebiasaan tersebut. Selain itu, latihan fisik untuk dan menjaga pola makan juga harus dilatih untuk mempercepat pembakaran lemak perut dan mencapai target berat badan ideal.

Menjaga Pola Makanan Untuk Mengatasi Perut Buncit


Makanan adalah penyebab utama perut buncit, setiap makanan yang masuk dalam tubuh mengandung kalori yang dibutuhkan tubuh untuk diolah menjadi energi, ketika pola makan tidak terkontrol dan cenderung tidak sehat, asupan kalori akan menumpuk dan menjadi lemak.

Sebelum memutuskan melakukan diet sehat, sebaiknya hitung jumlah kebutuhan kalori yang dibutuhkan setiap hari berdasarkan berat badan ideal, kebutuhan basal, aktivitas fisik dan usia. Untuk mengecilkan perut dibutuhkan pengurangan kalori sekitar 500 kalori perhari.

Untuk membantu membatasi jumlah kalori yang masuk, pola makan dan asupan nutrisi lain juga harus diperhatikan, seperti

1. Perbanyak Asupan Protein
Salah satu asupan nutrisi yang penting dalam program mengatasi perut buncit yaitu protein, selain membentuk semua sel dan jaringan tubuh, protein mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh dan pembakaran lemak.

Protein menimbulkan efek kenyang lebih lama karena termasuk nutrisi yang lama dicerna tubuh, sehingga potensi untuk makan terlalu banyak cenderung lebih sedikit. Untuk itu perbanyak konsumsi makanan tinggi protein.

Makanan yang tinggi protein seperti ikan, daging ayam tanpa kulit, putih telur ayam, kacang-kacangan, daging sapi tanpa lemak.

2. Cukupi Asupan Serat
Serat dalam tubuh memiliki manfaat yang banyak, seperti melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol dan membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes.

Sebuah jurnal nutrisi di amerika (American Journal Of Clinical Nutrition) mengungkapkan bahwa orang yang makan dengan diet tinggi serat, mengalami penurunan kolesterol sampai 30 persen setelah 1 bulan.

Beberapa makanan yang kaya serat seperti kacang-kacangan, saur-sayuran, buah apel segar, buah jeruk, wortel.

3. Konsumsi Buah dan Sayur
Sayuran dan buah-buahan merupakan makanan yang rendah kalori dan sangat kaya akan nutrisi, konsumsi sayuran dan buah dapat melancarkan pencernaan, melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Contoh buah dan sayur yang rendah kalori seperti brokoli, jeruk lemon, bayam, buah berry.

4. Membatasi Makanan Kadar Gula Tinggi
Sering mengkonsumsi makanan kadar gula tinggi berpotensi mengalami kenaikan berat badan yang signifikan, apalagi jika orang yang memiliki perut buncit, sangat disarankan membatasi konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi.

Beberapa alasan kenapa kebanyakan gula bisa menambah berat badan dan perut buncit,
  • Kebanyakan gula dapat meningkatkan kadar produksi lemak karena jumlah insulin meningkat
  • Menghambat hormon leptin, sehingga otak akan selalu merasa lapar
  • Tinggi kalori tapi rendah vitamin, protein, mineral
Beberapa makanan yang memiliki kadar gula tinggi seperti selai, donat, softdrink, eskrim, permen.

5. Jangan Makan Sebelum Tidur
Makanan yang masuk ke tubuh selalu mengandung kalori yang harus dibakar untuk menjadi energi yang dibutuhkan tubuh, proses pembakaran kalori terjadi saat ada aktivitas fisik, ketika tubuh istirahat atau tidur, pembakaran kalori kurang maksimal, sehingga kalori yang baru saja masuk akan mengendap dalam tubuh menjadi lemak

Olahraga Aerobik Untuk Mengatasi Perut Buncit


Aerobik adalah jenis olahraga yang membutuhkan banyak oksigen dan melibatkan otot-otot besar, ketika melakukan olahraga aerobik, sebagian besar tubuh menggunakan kalori dan cadangan lemak sebagai bahan dasar pembentukan energi, untuk itu olahraga aerobik sangat membantu dalam mengecilkan perut buncit.

Beberapa olahraga aerobik yang bisa dilakukan seperti:

1. Jogging
Jogging dapat dijadikan olahraga yang tepat untuk membantu menurunkan berat badan, saat jogging terjadi pembakaran kalori lebih banayak dua kali lipat dibandingkan berjalan, joging juga membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh.

Lakukan jogging minimal 30 menit setiap hari untuk membakar sekitar 500-900 kalori yang ada dalam tubuh.

2. Berenang
Olahraga renang menggunakan otot-otot tubuh secara keseluruhan dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga proses penurunan lemak akan lebih efektif. Berenang dengan kecepatan akan membuat energi yang dibutuhkan lebih besar, sehingga terjadi peningkatan proses pembakaran kalori.

3. Bersepeda
Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan dan membantu menurunkan berat badan,  bersepeda dapat membantu membakar kalori dan membangun masa otot, bersepeda selama 30 menit dapat membakar 670 kalori.

4. Senam Aerobik
Senam aerobik sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh dan sangat tepat untuk membantu mengatasi perut buncit, karena proses pembakaran lemak dilakukan secara bertahap dan konsisten. Selain bermanfaat untuk pembakaran kalori, senam aerobik juga mampu membentuk bentuk tubuh yang ideal.

Olahraga Pembentuk Otot Untuk Mengatasi Perut Buncit


Selain latihan aerobik, otot tubuh juga harus dilatih untuk membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh dan meningkatkan masa otot.
Berikut beberapa olahraga yang bisa dicoba untuk melatih otot perut.

1. Sit Up

Cara mengecilkan Perut Buncit Secara Alami dan Sehat Dengan Cepat


Sit up berfungsi menguatkan otot pada bagian perut, latihan sit up dengan rutin dpat membakar lemak pada anggota tubuh yang terhubung, seperti bagian perut, pinggang dan dada. Sit up juga membantu menjaga sistem metabolisme tubuh

2. Back Up
Olahraga back up dapat mengecilkan perut bagian bawah dan perut bagian samping, karena olahraga ini menjadikan perut sebagai tumpuan untunk mengangkat badan dari rentang hingga berdiri. disamping itu juga dapat membakar lemak seluruh tubuh

Kunci keberhasilan mengecilkan perut buncit yaitu konsistensi dalam latihan dan selalu menjaga pola makan yang sehat.

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon