27 Okt 2017

Kandungan Gizi Susu dan Ikan Mana yang Lebih Baik


Revolusi putih yang digagas Prabowo dengan menjadikan susu sebagai konsumsi rakyat setiap hari mendapat "respon" dari Menkes Nila F. Moeloek, salah satu tujuan "revolusi putih" tersebut adalah meningkatkan asupan protein bagi pelajar yang di dapat dari pemberian susu gratis setiap hari.

Menurut Menkes Nila F. Moeloek, produksi susu dalam negeri hanya mampu mencukupi sekitar 30 persen kebutuhan nasional, sisanya 70 persen impor dari New Zealand, Australia, Uni Eropa dan Amerika Serikat. Karena itu, asupan protein yang didapat dari susu bisa diganti dengan ikan yang juga memiliki kandungan protein tinggi.

Membandingkan Nilai Gizi Susu Dengan Ikan


Dahulu kita mengenal konsep 4 Sehat 5 Sempurna yang dicanangkan oleh ahli gizi dari IPB Prof. Poorwo Sudarmo atau bapak gizi indonesia pada ahun 1952. Dalam pedoman menu 4 Sehat 5 Sempurna, susu di kelompokan menjadi makanan penyempurna setelah kebutuhan gizi yang didapat dari nasi, lauk pauk, sayur-sayuran dan buah-buahan terpenuhi.

Selanjutnya konsep 4 Sehat 5 Sempurna disempurnakan menjadi Pedoman Gizi Seimbang (PGS), dimana susu tidak lagi dikelompokan dalam makanan penyempurna, namun masuk pada kelompok lauk pauk dan kebutuhan susu dapat diganti dengan makanan lainnya yang memiliki nilai gizi sama.

Susu dan ikan termasuk kelompok lauk pauk dalam konsep Pedoman Gizi Seimbang (PGS), kandungan gizi didalam susu dan ikan sama-sama tinggi dan merupakan sumber zat pembangun yang baik untuk tubuh, kandungan protein yang tinggi pada susu dan ikan sangat baik untuk proses metabolisme tubuh. Selain dari susu dan ikan, sumber protein bisa didapat dari daging, telur, tahu dan tempe.

Kandungan Gizi Susu Sapi

Susu adalah suatu emulsi lemak dalam air yang mengandung beberapa senyawa terlarut, didalamnya terkandung protein yang bertindak sebagai zat pengemulsi sehingga lemak dan air tidak terpisah. Didalam susu mengandung sekitar 87,5 % air, gula susu (laktosa) 5 %, protein 3,5% dan lemak 3-4%.

Didalam susu terkandug kalsium, fosfor dan vitamin A yang sangat baik bagi tubuh, susu juga kaya akan lisin, salah satu asam amino esensial yang sangat dibutuhan oleh tubuh. Mutu protein dalam susu setara dengan protein yang terdapat dalam daging dan telur, karena itu nilai gizi dalam susu cukup sempurna.

Berikut komposisi kandungan gizi atau nutrisi pada susu sapi
Jenis Gizi/Nutrisi
Susu Sapi / 100 gr
Nilai
Energi
61 kkal
Protein
3,2 gr
Lemak
3,5 gr
Karbihidrat
4,3 gr
Kalsium
143 mg
Fosfor
60 mg
Zat Besi
2 mg
Vitamin A
130 IU
Vitamin B1
0,03 mg
Vitamin C
1 mg
sumber: organisasi.org

Susu memiliki manfaat yang banyak sekali bagi kesehatan tubuh, berikut manfaat yang bisa di dapat jika mengkonsumsi susu setiap hari
  • Susu mengandung potassium, yang dapat menggerakan dinding pembuluh darah pada saat tekanan darah tinggi untuk menjaganya agar tetap stabil, mengurangi bahaya akibat apopleksi, juga dapat mencegah penyakit darah tinggi dan penyakit jantung.
  • Dapat menetralisir racun seperti logam, timah dan cadmium dari bahan makanan lain yang diserap oleh tubuh, yang sering menghirup asap kendaraan bermotor,perokok aktif dan pasif.
  • Kandungan tyrosine dalam susu dapat mendorong hormon kegembiraan—unsur serum dalam darah tumbuh dalam skala besar.
  • Kandungan yodium, seng dan leticin dapat meningkatkan secara drastis efesiensi kerja otak besar.
  • Zat besi, tembaga dan vitamin A dalam susu mempunyai fungsi terhadap kecantikan, yaitu dapat mempertahankan kulit agar tetap bersinar.
  • Kalsium susu dapat menambah kekuatan tulang, mencegah penyusutan tulang, osteoporosis dan patah tulang.
  • Kandungan magnesium dalam susu dapat membuat jantung dan sistem syaraf tahan terhadap kelelahan.
  • Kandungan Seng pada susu sapi dapat menyembuhkan luka dengan cepat.
  • Kandungan vitamin B2 di dalam susu sapi dapat meningkatkan ketajaman penglihatan.
  • Minum susu sebelum tidur dapat membantu tidur.

Kandungan Gizi Ikan

Ikan merupakan sumber gizi atau nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh, baik itu ikan tawar maupun ikan laut. Ikan kaya akan protein, lemak, vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh.

Kandungan gizi yang terdapat pada ikan, diantaranya

1. Protein
kandungan protein pada ikan jauh lebih tinggi dari kacang-kacangan dan mengandung berbagai macam asam amino dengan komposisi lebih lengkap dan lebih lengkap, salah satunya taurin yang berfungsi merangsang pertumbuhan sel otak anak.

2. Lemak
Lemak yang terkandung pada ikan merupakan lemak tak jenuh yang mudah dicerna serta langsung dapat digunakan jaringan tubuh dan sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol. Selain itu, pada ikan laut seperti salmon, terkandung asam lemak omega 3 yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

3. Vitamin
Vitamin yang terdapat pada ikan terdiri dari vitamin A yang baik bagi kesehatan mata , Vitamin D yang sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan tulang, Vitamin B12 yang yang berperan dalam pembentukan sel-sel darah merah dan Vitamin B6 yang dapat mencegah anemia serta kerusakan syaraf.

4. Mineral
Ikan kaya akan mineral seperti Zat besi yang sangat berperan dalam fungsi otot dan otak, Yodium yang dapat mencegah penyakit gondok serta mencegah keterbelakanagn mental, Selenium yang berfungsi sebagai antioksidan, Seng yang bermanfaat bagi kerja ezim dan hormon, Fluor yang dapat menguatkan dan menyehatakan gigi.

Berikut kandungan gizi beberapa ikan dalam 100gr
Gizi

Ikan /100gr
Kalori
Protein (gr)
Lemak (gr)
Kolesterol (mg)
Zat Besi (mg)
Tenggiri
112
21,4
2,3
33
0,9
Tongkol
111
24
1
46
0,7
Kakap
111
24
1
46
0,7
Kembung
112
21,4
2,3
33
0,9
Bawal
84
18,2
0,7
44
0,4
Bandeng
84
14,8
2,3
58
0,3
Lele
84
14,8
2,3
58
0,3
Ikan Mas
130
18,3
5,8
67
1,3
Wader
84
14,8
2,3
58
1,3
Mujair
84
18,2
0,7
44
0,4
Salmon
116
19,9
3,45
52
0,77
sumber: penyuluhankelautanperikanan.blogspot.co.id

Susu sapi dan ikan sama-sama memiliki kandungan gizi atau nutrisi tinggi yang bermanfaat menghasilkan energi untuk tubuh, membentuk sel jaringan tubuh dan mengatur fungsi biokimia yang ada dalam tubuh. Jadi, jika "revolusi putih" tidak ada susu sapi, makan ikan pun jadi.

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon