10 Okt 2017

6 Jenis Makanan Agar Otak Sehat

6 Jenis Makanan yang Baik Agar Otak Sehat

Otak merupakan organ tubuh paling penting yang bekerja sebagai pusat mekanisme organ tubuh lain melaui sistem saraf, otak juga berperan dalam mengendalikan kesehatan tubuh, jika seseorang mengalami stres atau depresi maka tubuh atau organ lain akan berpotensi terserang penyakit lain, begitu juga sebaliknya.

Menjaga otak tetap sehat harus dilakukan agar otak tetap bekerja dengan baik dan tidak menghambat fungsi organ lain dalam tubuh. Otak yang tidak pernah dijaga kesehatannya akan berpotensi mengalami gangguan fungsi otak, seperti menurunnya daya ingat, demensia, stroke, bahkan kanker otak.

Salah satu cara menjaga fungsi otak agar tetap baik yaitu dengan memperhatikan asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh agar otak sehat, seperti asam folat, vitamin B12 dan vitamin B6.

Berikut 10 makanan yang baik untuk menjaga kesehatan otak.

1. Ikan
    Ikan memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, seperti lesitin (kolin), fenilalanin, asam ribonukleat, tirosin, DMAE, vitamin B12, vitamin B6, vitamin B3 (niasin), tembaga, protein, seng dan asam lemak omega-3 (DHA).

    Kandungan asam lemak omega-3 (DHA) didalam ikan dapat mencegah demensia, dan menurunkan resiko kehilangan daya ingat serta penyakit alzheimer. Ikan juga mengandung yodium yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental.

    Selain itu, vitamin B12 didalam ikan dapat membantu mengatur sistem saraf supaya tidak tegang dan mencegah terjadinya penyusustan otak.


    Sebuah penelitian dalam jurnal Archives of Neurology tahun 2005 menyebutkan bahwa 65 orang tua yang mengkonsumsi ikan setiap minggu dalam enam tahun memiliki peningkatan sebanyak 13 persen pada penurunan fungsi kognitif pada otak.


    2. Buah berry
      Buah berry sepert blueberry, strawberry, blackberry dan blackcurrant mengandung nutrisi dan antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan otak, menurunkan resiko stroke dan kanker.

      Sebuah laporan studi dalam Journal of Nutrition tahun 2009 menunjukan buah berry yang tinggi antioksidan dapat menurunkan jenis stres didalam sel-sel yang terkait dengan penuaan dan meningkatkan kemampuan pensinyalan dalam otak.

      3. Bayam
        Sayuran hijau ini termasuk makanan yang baik untuk kesehatan otak, karena kaya antioksidan, flavanol, dan asam folat. Selain itu, kandungan vitamin C dan beta karotin menjadi komponen penting untuk kesehatan otak, mencegah kanker kolon dan memerangi inflamasi.

        Hasil penelitian di Rush University Chicago menyebutkan orang dewasa yang makan sayuran berdaun hijau seperti bayam setiap sehari, lebih kecil memiliki resiko mengalami penurunan fungsi kognitif otak dibandingkan yang tidak makan sayur hijau, bahkan ketika memperhitungkan faktor lainnya seperti pendidikan, olahraga dan riwayat keluarga demensia.

        4. Wortel
          Wortel memiliki kandungan gizi yang dapat mencegah stroke dan penuaan otak, kandungan vitamin A pada wortel dapat meminimalisir kerusakan neurologis atau saraf bagi penderita stroke, sehingga kesempatan untuk sembuh menjadi lebih besar.

          Selain itu, wortel juga mengandung senyawa yang disebut luteolin yang dapat mengurangi defisit memori terkait dengan penuaan dan inflamasi dalam otak.

          Sebuah penelitian menunjukan, mengkonsumsi wortel lima kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko terkena stroke hingga 68 persen jika dibandingkan yang hanya makan 1 wortel dalam sebulan.

          Baca Juga: Mengatasi Sifat Pelupa Dengan Tips Jitu

          5. Telur
            Kandungan kolin yang merupakan nutrisi dari golongan vitamin B mampu melindungi otak dari penuaan dan membuat perkembangan otak memiliki daya ingat tinggi.

            Sebuah penelitian mengungkapkan mengungkapkan satu telur sehari dapat mengurangi resiko stroke hingga 12 persen.

            6. Brokoli
              Brokoli mengandung senyawa yang memiliki sifat menyembuhkan penyakit Alzheimer dan menguatkan ingatan, dengan mengkonsumsi brokoli dalam jangka panjang dapat mengurangi penurunan kadar asetilkolin (acetylcholine) di sistem saraf pusat, sehingga resiko terkena penyakit pikun pada usia tua dapat dicegah.

              Brokoli juga kaya vitamin K yang baik untuk meningkatkan fungsi kognitif, menambah kekuatan otak dan mencegah daya ingat otak menurun

              Konsumsi  "6 Jenis Makanan Agar Kesehatan Otak" diatas secara rutin untuk menjaga kesehatan otak dan menghindari penuaan otak.

              Baca Juga :

              kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
              Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

              Follow sosial media kabarklinik berikut


              EmoticonEmoticon