17 Okt 2017

Obat Radang Tenggorokan Alami dan Apotik yang Terbukti Manjur

Obat Radang Tenggorokan Alami dan Apotik yang Terbukti Manjur dan Efektif

Mendapatkan obat radang tenggorokan yang efektif memang tidak mudah, apalagi jika tidak mengetahui penyebab radang tenggorokan yang sedang dialami. Pengobatan radang tenggorokan yang tidak sesuai bisa saja menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan.

Selama ini antibiotik lebih sering di jadikan sebagai obat radang tenggorokan, padahal sekitar 80 persen radang tenggorokan disebabkan oleh virus, tentu saja pemberian obat radang tenggorokan tersebut tidak efektif. Radang tenggorokan yang disebabkan virus umumnya akan sembuh dengan sendirinya tanpa pemberian obat radang tenggorokan.

Antibiotik bisa diberikan pada radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri, meskipun penggunaan antibiotik yang berlebihan dan berkepanjangan bisa membuat kuman menjadi lebih kebal dan memiliki efek samping yang berbahaya. Sebaiknya penggunaan antibiotik sebagai obat radang tenggorokan harus dalam pengawasan dokter.

Obat Radang Tenggorokan Alami

Obat radang tenggorokan yang dibuat dari bahan herbal atau bahan alami mungkin bisa menjadi alternatif untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, cukup mudah cara membuat obat radang tenggorokan alami dengan bahan-bahan yang sering dijumpai.

Berikut beberapa obat radang tenggorokan alami yang bisa dicoba dirumah.

1. Minuman Madu
Didalam madu terkandung hydrogen peroksida yang merupakan senyawa aktif anti kuman, penggunaan madu sebagai obat radang tenggorokan bisa lebih efektif ketimbang antibiotik yang ada di pasaran, selain itu juga memiliki efek yang baik bagi kesehatan tubuh.

Untuk mengambil manfaat madu sebagai obat sakit tenggorokan dengan mencampurkan satu sendok makan madu murni kedalam satu gelas air hangat, kemudia diminum 2-3 kali sehari sampai radang tenggorokan sembuh.

2. Berkumur Air Garam
Larutan garam dalam air memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya dapat dijadikan obat radang tenggorokan dan menghilangkan bau mulut tak sedap akibat radang maupun sariawan. Sebuah penelitian di University of Connecticut menyimpulkan bahwa berkumur dengan larutan garam bisa menyembuhkan nyeri tenggorokan dan mengencerkan dahak.

Untuk mengobati radang tenggorokan, larutkan 1/4 sendok teh garam dalam air hangat satu gelas, gunakan air larutan garam tersebut untuk berkumur, disarankan jangan sampai tertelan.

3. Berkumur Air Cengkeh
Kandungan minyak atsiri dalam cengkeh bermanfaat sebagai anti jamur dan anti bakteri, karena itu cengkeh bisa dijadikan obat sakit tenggorokan yang disebabkan oleh jamur maupun bakteri. Gunakan bubuk cengkeh yang bisa dibeli dipasar atau dapat menumbuk biji cengkeh sampai halus.

Larutkan 1-3 sendok teh bubuk cengkeh ke dalam segelas air hangat matang, selanjutnya pakai larutan tersebut untuk berkumur.

4. Minum Air Jeruk Lemon
Jeruk lemon banyak mengandung gizi dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya kandungan vitamin C yang melimpah. Karena itu, air jeruk lemon dapat digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan.

Cara pembuatannya cukup mudah, peras jeruk lemon dan ambil airnya, kemudian larutkan sekitar 1 sendok teh air perasan jeruk lemon tersebut dengan segelas air matang hangat untuk diminum.

5. Berkumur Air Kunyit
Salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat radang tenggorokan yaitu kunyit, kandungan minyak atsiri, curcumin, zingiberen dan turmeron didalam kunyit dapat digunakan sebagai antibakteri, antioksidan dan anti inflamasi.

Untuk mengambil manfaat kunyit sebagai obat sakit tenggorokan cukup mudah, larutkan 1/2 sendok makan bubuk kunyit dan 1/2 sendok teh garam kedalam segelas air hangat, gunakan larutan tersebut untuk berkumur, lakukan beberapa kali dalam sehari.

Baca Juga: Cara Efektif Meredakan Sakit Radang Tenggorokan

Obat Radang Tenggorokan di Apotik

Selain obat radang tenggorokan dengan bahan alami seperti diatas, bisa juga menggunakan obat sakit tenggorokan yang biasa dijual dipasar untuk meredakan nyeri akibat radang tenggorokan.

Berikut beberapa obat radang tenggorokan yang dapat dibeli diapotik

1. Strepsils
Strepsils berbentuk permen atau tablet hisap yang dibuat untuk meredakan rasa nyeri akibat radang tenggorokan dan melegakan tenggorokan. Strepsils mengandung Sukrosa, Glukosa, Menthol, Amylmetakresol dan minyak Eucalyptus, dosis yang dianjurkan 4-5 kali sehari.

2. Degirol
Degirol adalah obat radang tenggorokan berbentuk tablet hisap yang mengandung Dequalinium Klorida 0.25 mg dalam bentuk 1,1′-Decamethylenebis-4-aminoquinaldinum chloride. Dosis yang dianjurkan 1 tablet 1-7 kali sehari, efek samping yang dapat ditimbulkan gatal-gatal, ruam, sakit pada lidah dan sesak nafas.

3. FG Troches Meiji
Obat FG Troches Meiji berguna untuk mengobati radang tenggorokan, sariawan, dan jenis infeksi bakteri pada gusi dan mulut, obat ini berbentuk tablet hisap yang mengandung anti biotik Fradiomycin dan Gramicidin. Dosis yang dianjurkan untuk dewasa 1-2 tablet 4- 5 kali sehari, dan untuk anak-anak 1 tablet 4-5 kali sehari, efek samping penggunaan obat ini bisa mengganggu saluran pencernaan.

4. SP Troches Meiji
 Tablet hisap SP Troches Meiji adalah obat radang tenggorokan yang bekerja sebagai antiseptik pada rongga mulut dan tenggorokan dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur pada mulut. Dosis yang dianjurkan 6-8 kali sehari.

5. Efisol Lozenges
Obat ini dapat digunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan, sariawan, infeksi gusi dan bau mulut tak sedap akibat infeksi di rongga mulut. Obat ini mengandung vitamin C dan Dequalinium Klorida yang efektif meredakan sakit tenggorokan. Dosis yang dianjurkan 3-7 kali sehari.

Obat radang tenggorokan yang ada dipasaran umumnya memiliki efek samping dan tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jangka panjang. Untuk mencegah terkena radang tenggorokan sebaiknya hindari gaya hidup yang dapat memicu timbulnya radang tenggorokan, seperti merokok.

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon