26 Nov 2017

Perubahan Mengejutkan Setelah Anda Berhenti Merokok

Ini Perubahan Mengejutkan yang Anda Alami Setelah Berhenti Merokok

Berhenti merokok memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, selain bagi diri sendiri juga bagi lingkungan sekitar. Namun faktanya, perokok aktif akan merasa kesulitan untuk berhenti merokok, meskipun banyak cara berhenti merokok yang dapat dilakukan serta pada umummnya sadar jika rokok sangat berbahaya bagi kesehatan.

Lebih dari 3000 jenis bahan kimia berbahaya terdapat pada sebatang rokok, sebagian besar diantaranya bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker. Memutuskan berhenti merokok merupakan pilihan yang tepat untuk memberikan kesempatan pada diri dan lingkungan untuk hidup lebih sehat dan panjang umur.

Manfaat Berhenti Merokok Bagi Kesehatan Tubuh


Di dalam rokok terdapat zat nikotin yang memberikan efek kecanduan bagi perokok, karena itu sangat sulit bagi perokok untuk berhenti merokok, meskipun berbagai cara berhenti merokok telah dicoba dan dilakukan.

Sebenarnya banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh saat berhenti merokok, tidak hanya berguna bagi kesehatan, namun juga bagi memberikan perubahan pada penampilan. Berikut beberapa manfaaat dan perubahan mengejutkan pada tubuh yang akan Anda alami setelah berhenti merokok.

1. Nafas lebih panjang dan lancar
Silia di dalam paru-paru akan memperbaiki diri setelah beberapa minggu berhenti merokok, sehingga fungsi silia dalam mendorong lendir keluar dari paru-paru akan lebih menjadi lebih baik. Paru-paru yang bersih dari lendir berdampak pada lancaranya pernafasan.

2. Tubuh lebih bugar dan cerah
Saat berhenti merokok sirkulasi darah akan lebih lancar dan asupan oksigen bagi kulit menjadi lebih banyak, efeknya bagi tubuh akan terlasa lebih bugar serta kulit terlihat lebih hidup dan cerah.

3. Terhindar Stres
Beberapa orang memilih merokok untuk mengatasi stres, namun faktanya beberpa penelitian menunjukan tingkat stres perokok jauh lebh tinggi dibanding yang tidak merokok.

4. Performa seks dan kesuburan meningkat
Sensitivitas tubuh terhadap rangsangan akan meningkat setelah bergenti merokok, hal tersebut karena sirkulasi darah semakin lancar. Selain itu, kualitas sperma dan lapisan rahim akan jauh lebih sehat, sehingga tingkat kesuburan meningkat.

5. Gigi bersih dan aroma nafas lebih sedap
Pada umumnya perokok aktif memiliki aroma nafas yang tidak sedap serta warna gigi keruh dan terlihat kotor. Setelah berhenti merokok, kondisi tersebut berangsur-angsur membaik, gigi menjadi lebih bersih dan putih serta aroma nafas lebih segar.

6. Tubuh sehat dan terhindar penyakit mematikan 
Bahaya merokok yang paling menakutkan yaitu terkena berbagai penyakit mematikan seperti kanker, stroke dan penyakit jantung. Berhenti merokok dapat mengurangi resiko terkena penyakit mematikan tersebut. Selain itu, tubuh akan menjadi lebih sehat dan tenaga menjadi lebih kuat, sehingga aktivitas akan terasa lebih ringan.

7. Keluarga dan lingkungan lebih sehat
Dampak positif akibat berhenti merokok tidak hanya dirasakan oleh diri sendiri, akan tetapi keluarga dan lingkungan sekitar juga merasakan udara yang lebih sehat dan terhindar dari efek perokok pasif.

8. Angka harapan hidup naik
Beberapa penelitian menunjukan bahwa perokok meninggal 10-12 tahun lebih cepat dibanding yang tidak merokok, jika kita berhenti merokok artinya angka harapan hidup akan naik 10-12 tahun.

Berhenti merokok memang tidak mudah, namun dengan niat dan usaha yang keras pasti akan berhasil, banyak cara berhenti merokok yang dapat dilakukan dengan mudah.
Baca Juga: 7 Langkah Cara Berhenti Merokok dengan Cepat

Berikut video simulasi bahaya dan efek mengerikan merokok bagi kesehatan, karena itu jika cara berhenti merokok sudah didapatkan dan tekad sudah bulat, segeralah lakukan dari sekarang.


Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon