30 Nov 2017

5 Ancaman Penyakit Mematikan Akibat Perut Buncit

5 Resiko Ancaman Penyakit Mematikan yang Diakibatkan Perut Buncit

Banyak sekali bahaya yang disebabkan perut buncit, selain mengganggu penampilan juga memiliki resiko terkena berbagai penyakit serius yang bisa berakhir dengan kematian. Jika anda termasuk orang yang memiliki perut buncit, waspadalah akan resiko terserang 5 ancaman penyakit mematikan akibat perut buncit.

Perut buncit dapat diketahui dengan cara mengukur lingkar perut, untuk pria ukuran lingkar perut tidak boleh melebihi 90 cm atau setara lima jengkal sendiri, dan untuk wanita tidak boleh melebihi 80 cm atau setara empat setengah jengkal sendiri. Jika ukuran lingkar perut melebihi ukuran tersebut maka termasuk kategori perut buncit dan memiliki resiko terserang berbagai penyakit mematikan.

Penyebab perut buncit dikarenakan adanya penumpukan lemak pada bagian perut yang disebabkan asupan kalori melebihi energi yang dibutuhkan tubuh. Terdapat dua jenis lemak yang menumpuk pada perut, yakni lemak subkutan yang letaknya tepat dibawah kulit dan lemak viseral yang terdapat pada organ dalam tubuh, lemak viseral inilah yang dapat menimbulkan resiko terkena berbagai penyakit.
Baca juga: 8 Penyebab Perut Buncit yang Sering Diabaikan
Lemak viseral yang terdapat pada perut dapat mengeluarakan senyawa peradangan yang biasa disebut sitokin, yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Selain itu, lemak viseral juga bisa mengeluarkan hormon yang menggangu proses metabolisme tubuh.

Berikut 5 resiko penyakit berbahaya yang timbul karena perut buncit,

1. Penyakit Kolesterol Tinggi
Kolesterol tinggi pada perut buncit disebabkan oleh salah satu senyawa yang dikeluarkan oleh lemak viseral yakni asam lemak bebas, senyawa ini masuk ke dalam hati yang dapat meningkatkan kolesterol jahat serta menuunkan kolesterol baik. Karena itu, orang dengan perut buncit sangat mudah terkena penyakit kolesterol.

2. Penyakit Jantung Koroner
Orang dengan perut buncit sangat beresiko mengalami kerusakan dan penyempitan pada pembuluh darah utama yang menuju jantung akibat adanya penumpukan kolesterol pada pembuluh darah, sehingga aliran darah dan suplai oksigen yang menuju ke jantung terhambat bahkan berhenti total.

3. Penyakit Darah Tinggi / Hipertensi
Penimbunan lemak pada pembuluh darah menyebabkan aliran darah tidak lancar, agar pasokan darah ke jaringan terpenuhi, maka jantung akan memompa darah lebih cepat, akibatnya tekanan darah meningkat dan terjadi hipertensi.

4. Penyakit Diabetes
Asam lemak bebas yang dikeluarkan oleh lemak viseral juga dapat menyebabkan kerja insulin dalam mengotrol gula tidak efektif, akibatnya resiko terkena penyakit diabetes semakin tinggi.

5. Penyakit Stroke
Timbunan kolesterol pada pembuluh darah juga dapat mengakibatkan darah sangat mudah menggumpal, akibatnya aliran darah ke otak terhenti dan terjadi stroke.

Agar terhindar dari resiko ancaman kelima penyakit mematikan tersebut, mulailah untuk menarapkan pola hidup sehat seimbang dan olah raga secara teratur, jika perlu lakukan diset sehat secara konsisten.
Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon