28 Des 2017

3 Tanaman Obat Asam Urat Tradisional yang Terbukti Ampuh Sejak Dulu

3 Tanaman Herbal Obat Asam Urat Tradisional yang Terbukti Ampuh Sejak Dulu

Rasa nyeri pada persendian akibat asam urat seringkali mengganggu aktifitas, umumnya penderita akan kesulitan berjalan saat gejala usam urat menyerang. Sebenarnya cara mengatasi asam urat cukup mudah, ada banyak tanaman herbal yang sudah terbukti ampuh sebagai obat asam urat alami.

Pada umumnya penyakit asam urat menyerang usia 40 tahun keatas, penyebab utamanya karena jumlah asam urat yang dibuang melalui urine dan tinja lebih sedikit dibanding jumlah produksi, akibatnya terjadi penumpukan asam urat berbentuk kristal tajam di dalam sendi. Kristal-kristal tajam tersebut dapat menimbulkan rasa nyeri pada persendian saat menyentuh lapisan lunak sendi.

Pola makan yang kurang sehat dan tidak seimbang sering memicu timbulnya penyakit asam urat, karena itu saat ini tidak sedikit penderita asam urat dengan usia dibawah 40 tahun, terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi seperti jeroan (hati, jantung), daging merah, kepiting, serta kerang dapat memicu naiknya produksi asam urat. Selain itu, minuman beralkohol dan minuman manis juga dapat memicu naiknya kadar asam urat.

Resiko terkena penyakit asam urat juga terjadi pada orang yang menderita penyakit ginjal kronik, diabetes, hipertensi, obesitas, kolesterol tinggi, psoriasis dan osteoarthritis. Selain itu, obat-obatan tertentu seperti niacin, sislosporin, diuretik, dan obat-obatan kemoterapi juga dapat memicu timbulnya penyakit asam urat.

Pengobatan asam urat dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan mengkonsumsi obat asam urat tradisional dari tanaman herbal yang berkhasiat menurunkan asam urat. Selain ampuh, obat asam urat herbal atau alami juga sangat aman dikonsumsi karena tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan.

Berikut beberapa tanaman obat asam urat yang terbukti ampuh dan telah lama digunakan sebagai obat tradisional penurun asam urat secara turun temurun.

1. Sambiloto
Sambiloto merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat dijadikan obat asam urat, tanaman ini banyak tumbuh di daerah yang beriklim tropis seperti indonesia. Tanaman sambiloto memiliki rasa yang sangat pahit, namun banyak mengandung zat yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti mineral, alkene, keton, panikolin dan zat antioksidan.

Sambiloto dapat menyembuhkan penyakit asam urat dengan cara menekan produksi zat purin, sehingga tidak terjadi penumpukan asam urat di dalam sendi yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit asam urat.

Untuk membuat ramuan obat asam urat tradisional yaitu dengan cara merebus daun sambiloto, kemudian saring dan ambil air rebusan tersebut untuk diminum selama tiga kali sehari sampai asam urat sembuh.

2. Kumis Kucing
Tanaman kumis kucing biasanya tumbuh liar disekitar pinggiran sungai, beberapa orang yang sudah mengatahui manfaat kumis kucing bagi kesehatan sering menanamnya di halaman rumah sebagai tanaman obat keluarga (TOGA), salah satunya sebagai obat asam urat.

Tanaman kumis kucing banyak sekali mangandung zat yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti garam kalium, saponin, glikosida orthoshiphonim, mioinositol, minyak atsiri, sapofonin, falvonoid, sinensetis dan zat samak.

Tanaman kumis kucing dapat melarutkan endapan asam urat dan membuangnya melalui urine dan tinja. Selain itu, manfaat tanaman kumis kucing dapat memelihara kesehatan ginjal, sehingga proses pembuangan asam urat melalui ginjal menjadi lebih lancar.

Cara mengobati asam urat dengan tanaman kumis kucing yaitu dengan cara merebus daun kumis kucing dan menyaring airnya untuk diminum 3-4 kali sehari hingga sembuh.

3. Jahe Merah
Khasiat jahe merah bagi kesehatan memang tidak diragukan lagi, banyak sekali penyakit yang dapat disembuhkan dengan jahe merah. Kandungan zat inflamasi didalam jahe merah dapat meringankan peradangan dalam sendi akibat asam urat.

Untuk mengambil manfaat jahe merah sebagai obat asam urat dapat dilakukan dengan cara potong atau pipihkan jahe merah, lalu rebus dalam air mendidih, ambil air rebusan jahe merah tersebut untuk diminum secara rutin, agar lebih nikmat bisa dicampur dengan mau murni.

Ketiga tanaman obat asam urat diatas cukup ampuh untuk mengobati penyakit asam urat jika dikonsumsi secara rutin dan diikuti dengan pola hidup sehat.
Baca Juga: 15 Obat Sakit Gigi Alami yang Terbukti Manjur
Selain mengkonsumi tanaman obat asam urat untuk penyembuhan, sebaiknya lakukan juga langkah pencegahan dengan cara menghindari makanan yang banyak mengandung zat purin serta minuman manis dan beralkohol. Selain itu, mengurangi berat badan juga perlu dilakukan, karena kegemukan atau obesitas sangat berpotensi terkena asam urat.

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon