24 Des 2017

5 Bahan Alami yang Ampuh Menghilangkan Panu dengan Cepat

5 Bahan Alami yang Ampuh Menghilangkan Panu yang Sudah Menyebar dengan Cepat

Panu selain menimbulkan rasa gatal juga menurunkan rasa percaya diri, karena itu kebanyakan orang akan segera mencari cara menghilangkan panu dengan cepat saat mengetahui tumbuh panu dikulitnya. Namun sayangnya tidak semua obat panu ampuh mengatasi penyakit kulit yang satu ini, apalagi jika panu sudah menyebar ke bagian tubuh lain.

Seringkali panu sulit dihilangkan secara total, biasanya panu yang telah diobati akan muncul kembali jika kurang menjaga kebersihan badan dan berada pada daerah dengan cuaca panas serta lembab yang dapat memicu tumbuhnya jamur.

Tumbuhnya jamur yang berlebihan pada kulit memicu infeksi yang menyebabkan munculnya panu serta penyakit kulit lainnya. Panu membuat kulit kasar tampak bersisik dan meyebabkan rasa gatal, saat tubuh berkeringat rasa gatal akan semakin parah dan penyebaran panu pada bagain tubuh lain semakin cepat.

Pada umumnya panu tumbuh tanpa disadari, apalagi jika panu tumbuh pada bagian tubuh yang sulit dijangkau seperti punggung, selangkangan, pinggul dan siku. Gejala panu baru terasa saat panu menimbulkan rasa gatal dan akan tampak bercak-bercak kecil berwarna lebih terang maupun lebih gelap dari kulit saat digaruk.
Baca Juga:

Cara Mengobati Panu dengan Alami Hingga Tuntas


Untuk mengobati panu yang sudah menyebar sebenarnya cukup mudah, beberapa bahan alami terbukti efektif menghilangkan panu membandel dengan singkat asalkan dilakukan dengan konsisten dan selalu menjaga kebersihan tubuh.

Manfaat bahan alami sebagai obat panu selain manjur juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan kulit dan tubuh. Berikut 5 Bahan alami yang terbukti manjur menghilangkan panu dalam waktu singkat.

1. Belerang dan Jeruk Nipis
Kandungan vitamin C dan asam sitrat dalam jeruk nipis bermanfaat sebagai zat anti bakteri dan jamur, selain itu senyawa flavanoid pada jeruk nipis juga melindungi sel-sel sehat dari radikal bebas. Sedangkan belerang termasuk jenis mineral alami yang mengandung zat anti bakteri dan inflamasi untuk mengobati gatal-gatal pada kulit dan menyembuhkan infeksi.

Ramuan tradisional berupa belerang dan jeruk nipis sangat ampuh untuk mengobati penyakit kulit seperti panu, meskipun panu sudah menyebar ke seluruh tubuh dan sanat membandel, biasanya efek yang ditimbulkan agak panas namun akan cepat menghilangkan panu.

Untuk membuat ramuan tradisional ini cukup sediakan belerang secukupnya dan tumbuk sampai halus, lalu campurkan perasan jeruk nipis pada bubuk belerang dan aduk hingga menjadi sperti adonan. Oleskan pada kulit yang terdapat panu sehari 2-3 kali sehari, ulangi hari berikutnya sampai panu benar-benar sembuh atau hilang.

2. Kapur Sirih dan Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh dikenal memiliki zat anti jamur, selain itu kandungan glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat pada belimbing wuluh juga bermanfaat mengatasi panu dan kesehatan kulit.

Sedangkan kapur sirih mengandung kadinen, sineol, karvakol, kavinol, dan zat samak yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya kesehatan kulit, namun penggunaan belimbing wuluh jangan terlalu berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi kesehatan.

Untuk mengobati panu bisa menggunakan campuran kapur sirih dan belimbing wuluh, caranya tumbuk belimbing wuluh sampai halus lalu campur dengan sedikit kapur sirih, oleskan pada kulit yang terkena panu, tunggu sampai kering lalu bilas dengan air bersih.

3. Bawang Putih
Bawang putih mengandung zat allicin yang bermanfaat sebagai zat anti bakteri dan jamur, sehingga sangat baik digunakan untuk menyembuhkan infeksi dan ititasi pada kulit. Selain itu kandungan vitamin C dalam bawang putih juga cukup tinggi yang bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh.

Bawang putih sangat efektif digunakan sebagai obat panu, caranya belah bawang putih menjadi dua bagian, lalu gosokan pada panu dengan perlahan, lakukan beberapa kali hingga cairan bawang putih meresap, efek yang ditimbulkan biasanya perih.

4. Kunyit
Kunyit mengandung senyawa kurkuminoid dan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga kunyit bisa digunakan sebagai obat anti septik yang dapat mencegah peradangan akibat luka pada kulit. Selain itu kunyit juga mengandung minyak volatile yang berfungsu sebagai zat anti inflamasi

Cara mengobati panu dengan kunyit cukup mudah, ambil 1 ruas kunyit dan belah menjadi dua bagian, lalu gosokan kunyit pada kulit yang terdapat panu hingga rata, diamkan sampai kering, ulangi beberapa kali dalam sehari.

5. Lengkuas
Lengkuas cukup efektif digunakan sebagai obat panu, kandungan kuersetin, flavanoid, dan amilum dalam lengkuas bermanfaat untuk mengatasi masalah jamur dan melindungi sel-sel kulit sehat dari bahaya radikal bebas.

Cara membuat obat panu dengan lengkuas cukup udah, belah lengkuas menjadi dua, lalau gosok pada kulit yang terdapat panu hingga terasa perih, ulangi beberapa kali dalam sehari sampai panu sembuh.

Agar panu benar-benar sembuh dan tidak tumbuh lagi, usahakan konsisten melakukan pengobatan dengan salah satu dari kelima cara diatas sampai panu hilang. Selain itu yang harus diperhatikan yaitu jagalah kebersihan badan, terutama setelah beraktifitas yang mengeluarkan banyak keringat.

Cara menghilangkan panu dengan kelima bahan alami diatas terbukti sangat ampuh dan telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobatai berbagai penyakit kulit, seperti panu kadas, kurap dan penyakit kulit lainnya.

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon