16 Des 2017

5 Buah Ini Ampuh Mencegah Kanker Sejak Dini

5 Buah Ini Ternyata Ampuh Mencegah Kanker Sejak Dini

Buah selain enak dimakan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya dapat digunakan sebagai cara untuk mencegah kanker sejak dini. Beragam nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh terkandung di dalam segala jenis buah-buahan, bahkan beberapa buah mengandung antioksidan tinggi yang ampuh menangkal radikal bebas sebagai pemicu kanker.

Pada tubuh manusia terdapat radikal bebas penyebab kanker yang dihasilkan oleh dua sumber, pertama dari dalam tubuh (endogen) yang berasal dari sel-sel rusak yang dihasilkan pada saat proses metabolisme tubuh dan saat terjadi inflamasi serta cedera pada tubuh, kedua dari luar tubuh (eksogen) yang berasal dari polusi udara, radiasi UV, pestisida, radiasi elektromagnetik, obat-obatan dan asap rokok.

Sebenarnya radikal bebas dalam tubuh tidak berbahaya jika dalam kadar normal dan akan dinetralisir oleh antioksidan yang dihasilkan oleh tubuh (endogenous) serta antioksidan yang didapat dari makanan yang masuk dalam tubuh (exogenous), namun karena pola hidup tidak sehat serta polusi lingkungan dapat menyebabkan kadar radikal bebas meningkat, sehingga resiko terkena kanker dan penyakit kronis lainnya semakin besar.

Untuk mencegah terkena kanker yang disebabkan radikal bebas, perlu adanya keseimbangan antara radikal bebas yang ada dalam tubuh dengan antioksidan yang berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas. Salah satu sumber antioksidan terbaik yakni buah-buahan, terdapat 5 jenis buah segar yang memiliki kadar antioksidan tinggi serta mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

1. Buah Berry
Semua buah dari jenis berry memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, tidak heran jika buah berry termasuk dalam kategori superfood atau superfruit. Sebuah riset yang dilakukan oleh departemen pertanian amerika (USDA) menyimpulkan bahwa buah berry memiliki kadar antioksidan paling tinggi dibanding buah lainnya.

Terdapat berbagai antioksidan penting di dalam buah berry, diantaranya antosianin, tanin, quercetin, flavonoid, polifenol dan antioksidan pterostilbene yang mampu membasmi segala jenis kanker, seperti kanker kolon, payudara, rahim, eksofagus, hati, mulut, dan lainnya. selain untuk mencegah penyakit kanker, antioksidan dalam buah berry juga dapat menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kemampuan otak.

Buah berry memiliki beragam jenis, diantaranya strawberry, blueberry, blackberry, raspberry, bilberry, cranberry, dewberry, lingonberry, mullberry dan huckleberry. Berbagai jenis buah berry tidak hanya bermanfaat sebagai pencegah kanker dan penangkal radikal bebas, namun juga sebagai sumber serat berlimpah, anti inflamasi dan pengendali kadar gula darah dalam tubuh.

2. Apel
Buah apel sangat baik dikonsumsi setiap hari karena kaya akan nutrisi dan vitamin serta antioksidan yang dapat menceah berbagai jenis kanker, kandungan fitokimia dalam senyawa antioksidan yang terdapat pada apel mampu menangkal radikal bebas yang berasal dari asap rokok serta polusi udara. Selain itu, kulit apel juga mengandung senyawa quercetin yang dapat memebantu memenuhi kebutuhan oksigen bagi seluruh organ tubuh.

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah apel serta senyawa flavonoid dan karoten dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang bdisebabkan radiasi sinar ultraviolet akibat paparan sinar matahari, sehingga resiko terkena kanker kulit semakin kecil.

3. Anggur
Selama ini buah anggur dikenal bermanfaat untuk mencegah diabates, allergi, tekanan darah tinggi dan menurunkan kolestrol, namun ternyata anggur juga mampu mencegah serta menembuhkan penyakit kanker. Kandungan antioksidan serta senyawa anti kanker terdapat pada kulit anggur, daging anggur serta biji anggur.

Kulit anggur mengandung senyawa resveratrol yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker serta mencegah tumor di getah bening, hati, dan payudara. Selain itu, kandungan flavanoid dalam daging anggur juga dapat membasmi sel kanker yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, sedangkan pada biji anggur terdapat senyawa proantosianidin yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker, menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke, serta menghambat proses penuaan.

4. Markisa
Banyak sekali manfaat buah markisa, diantaranya berkhasiat sebagai antioksida, antikanker, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan mata serta anti penuaan. Buah markisa kaya akan vitamin A, vitamin C serta antioksidan yang mampu mencegah kanker.

Salah satu antioksidan dalam buah markisa yakni beta karoten yang berperan dalam menjaga kesehatan mata, kulit dan fungsi neurologis. Selain itu, hasil penelitian in vitro di Florida University menyatakan bahwa ekstrak buah markisa banyak mengandung fitokimia yang dapat membasmi sel kanker.

5. Melon
Buah melon mengandung antikoagulan yang dapat mencegah penggumpalan darah yang dapat memicu stroke, kandungn vitamin C yang berlimpah dalam buah melon berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, daging buah melon juga mengandung asam elagat yang merupakan senyawa fitokimia yang ampuh membasmi sel kanker.

Jenis melon cantaoupe atau melon jingga mengandung lebih banyak antioksidan berupa beta karoten dan likopen. Di dalam tubuh, beta karoten diubah menjadi vitamin A yang bermanfaat menjaa kesehatan mata dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengkonsumsi ke 5 buah diatas sangat efektif untuk mencegah terkena kanker akibat menumpuknya radikal bebas dalam tubuh, selain itu pola hidup sehat dan menjaga lingkunganselalu bersih juga menjadi faktor penting agar terhindar dari kanker.

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon