30 Des 2017

Wapadai 5 Penyakit Setelah Perayaan Tahun Baru

Wapadai 5 Penyakit Setelah Perayaan Tahun Baru 2018

Selain terompet, perayaan malam tahun baru 2018 akan lebih lengkap dengan berbagai sajian makanan yang dapat menggugah selera, sayangnya seringkali makanan yang dipilih berupa makanan manis dan gurih yang kurang baik bagi kesehatan. Karena itu, perlu diwaspadai 5 penyakit yang sering muncul setelah perayaan malam tahun baru akibat pola makan tidak terkontrol.

Penyakit yang muncul setelah tahun baru umumnya diakibatkan karena banyaknya asupan makanan tidak sehat selama malam pergantian tahun baru. Selain itu, pada malam tahun baru banyak orang lupa bahkan cenderung mengabaikan jika memiliki riwayat penyakit kronis yang bisa kambuh setelah mengkonsumsi jenis makanan tertentu, akibatnya penyakit semakin parah dan sulit sembuh.

Makanan dan minuman yang seringkali memicu timbulnya penyakit setelah tahun baru biaanya berupa makanan manis yang banyak mengandung gula serta makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi. Berikut 5 penyakit yang sering menyerang setelah perayaan malam tahun baru.

1. Hipertensi
Salah satu penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi yakni makanan yang mengandung kadar garam tinggi seperti keju, saus kecap, sarden kaleng dan minuman kemasan rasa buah. Makanan-makanan tersebut sering dikonsumsi saat malam tahun baru, jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi tersebut dapat mengakibatkan penumpukan cairan dalam tubuh yang memicu tekanan darah meningkat.

Resiko terkena hipertensi semakin tinggi pada orang yang memiliki berat badan lebih (obesitas), perokok, kurang olahraga, usia lanjut serta orang yang mengalami stres. Selain makanan dengan kadar garam tinggi, minuman beralkohol juga bisa menjadi pemicu meningkatnya tekanan darah. Sebaiknya hindari minuman beralkohol saat malam tahun baru.

2. Kolesterol Tinggi
Makanan seperti olahan bebek, kerang, cumi serta daging kambing memang enak dikonsumsi saat malam tahun baru, sayangnya makanan tersebut mengandung kadar lemak jenuh tinggi yang dapat memicu naiknya kolesterol dalam tubuh.

kolesterol tinggi dalam tubuh dapat mengundang bahaya seperti aterosklerosis atau kondisi mengeras dan menyempitnya pembuluh nadi, sistem pencernaan terganggu hingga resiko terkena serangan jantung dan stroke meningkat.

3. Stroke
Hipertensi dan tingginya kolesterol dalam darah dapat memicu serangan stroke, biasanya stroke terjadi secara mendadak yang diawali dengan gejala stroke ringan seperti mual, muntah, pusing serta baal pada salah satu anggota tubuh. Jika Anda memiliki riwayat hipertensi serta koleterol tinggi sebaiknya pada malam tahun baru hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar garam tinggi dan kadar lemak jenuh tinggi.

4. Penyakit Jantung
Penimbunan lemak dalam arteri dalam arteri menjadi penyebab utama penyakit jantung koroner, beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner diataranya hipertensi, kolesterol tinggi, merokok, minuman beralkohol serta obsitas.

Selain makanan berlemak jenuh tinggi, polusi udara yang diakibatkan asap kendaraan bermotor saat malam tahun baru juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

5. Diabetes
Makanan yang mengandung kadar gula tinggi seperti es krim, donat, cokelat olahan serta minuman manis sering menjadi makanan favorit saat menunggu mpergantian tahun baru. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan debfan kadar gula tinggi menyebabkan resiko terkena diabetes meningkat, bagi penderita diabetes sebaiknya hindari jenis makanan tersebut.

selain itu, konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi dan koleterol tinggi juga harus dibatasi untuk menghindari kegemukan atau obesitas, karena orang yang memiliki berat badan lebih sangat berpotensi terkena diabetes.
Baca Juga: Jenis-jenis Diabetes dan Cara Pencegahannya

Terompet Tahun Baru Dapat Menularkan Penyakit Difteri

Penggunaan terompet pada malam pergantian tahun baru juga berpotensi menjadi media penularan penyakit difteri, penularan tersebut melalui air ludah penderita difteri yang tertinggal pada ujung terompet dan percikan air ludah saat meniup terompet.

Karena itu pada perayaan malam tahun baru 2018 untuk selalu waspada terhadap penyebaran penyakit difetri yang sempat meningkat kasusnya pada akhir tahun 2018.
Baca Juga: 4 Penyebab Meningkatnya Wabah Difteri
Tahun baru 2018 tinggal beberapa hari lagi, sebelum ikut merayakan malam pergantian tahun baru sebaiknya lakukan tes kesehatan terlebih dahulu untuk mendeteksi penyakit dalam tubuh sedini mungkin, sehingga pola makan dapat terkontrol sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh.
Baca Juga: 5 Tes Kesehatan yang Wajib Dilakukan Wanita

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon