13 Des 2017

7 Langkah Mudah Cara Berhenti Merokok dengan Cepat

7 Langkah Mudah Cara Berhenti Merokok dengan Cepat dan Terbukti Berhasil

Banyak orang merasa sulit saat ingin berhenti merokok, sebenarnya ada cara berhenti merokok dengan cepat yang mudah dilakukan dan terbukti berhasil. Kegagalan berhenti merokok pada umumnya disebabkan karena kurangnya tekad yang kuat dan tidak disiplin saat menjalani terapi tips berhenti merokok ini.

Setiap perokok sebenarnya mengetahui bahaya rokok bagi kesehatan serta lingkungan disekitarnya, namun karena efek kecanduan akibat nikotin yang ada dalam rokok, orang akan sangat kesulitan meninggalkan rokok dan tidak peduli dengan racun yang menumpuk dalam tubuh akibat rokok.

Racun yang terdapat dalam rokok tidak hanya nikotin, terdapat lebih dari 3000 zat kimia beracun yang bisa mengancam jiwa serta merusak lingkungan disekitarnya, termasuk keluarga. berikut beberapa zat kimia berbahaya yag terkandung dalam sebatang rokok.
  • Nikotin : zat adiktif yang dapat menyebabkan rasa tenang sementara dan memiliki efek candu
  • Tar: zat kimia yang dihasilkan dari berbagai bahan kimia hasil pembakaran dalam rokok yang beberapa diantaranya bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker
  • Sianida: zat kimia beracun mematikan
  • Bemzena: zat kimia organik yang sangat mudah terbakar
  • Cadmium: logam beracun dan bersifat radioaktif
  • Metanol: senyawa kimia yang biasa dipakai untuk bahan bakar dan bahan aditif bago eranol industri
  • Asetilena: gas yang mudah terbakar
  • Amonia: senyawa kaustik yang membahayakan kesehatan
  • Formalin bahan pengawet mayat
  • Arsenik: bahan pembuat racun tikus
  • Karbon monoksida: gas hasil pembakaran tidak sempurna senyawa karbon, contohnya asap kendaraan.
Selain zat kimia berbahaya diatas, masih banyak zat berbahaya lainnya yang berbahaya bagi kesehatan tubuh dan mental.

Tips Berhenti Merokok dengan 7 Langkah Mudah

Banyaknya racun yang terdapat pada rokok seharusnya bisa menjadi alasan utama seseorang untuk berhenti merokok, selain itu banyak manfaat yang akan dirasakan saat berhenti merokok.
Baca Juga: Perubahan Mengejutkan Setelah Berhenti Merokok
Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan sebagai cara berhenti merokok dengan cepat dan mudah

1. Fokus Pada Tujuan
Memutuskan berhenti merokok, tentu harus memiliki tujuan yang kuat sebagai motivasi diri agar keinginan berhenti merokok cepat terwujud, salah satu tujuan berhenti merokok yakni untuk menjaga kesehatan tubuh, keluarga serta lingkungan sekitar.

Saat ada keinginan untuk merokok, cobalah untuk mengingat dan fokus pada tujuan berhenti merokok, ingat kesehatan tubuh serta kesehatan keluarga dan anak-anak di masa depan.

2. Berhenti Detik Ini Juga
Salah satu alasan kegagalan menjalanankan tips berhenti merokok yaitu seringnya menunda-nunda waktu untuk berhenti merokok, beberapa perokok yang ingin berhenti sering melakukan kesalahan seperti misalnya mencicipi rokok teman, akibatnya efek nikotin akan terus menumpuk dan sulit untuk meninggalkan rokok.

Berhentilah merokok detik ini juga dan cobalah untuk tidak mendekati rokok, karena meskipun hanya sedikit menghisap asap rokok akibatnya bisa menggagalkan terapi berhenti merokok.

3. Bangun Dukungan
Berhenti merokok bisa lebih mudah terwujud dengan dukungan dari keluarga maupun lingkungan disekitar, mereka akan sangat membantu mengingatkan saat ada keinginan untuk merokok. Bangunlah dukungan sebanyak mungkin dari teman-teman kerja atau bisa juga membangun atau masuk pada komunitas bebas asap rokok.

4. Hindari Area Perokok
Keinginan merokok bisa terjadi saat berada lingkungan atau area perokok, efek nikotin yang sudah mempengaruhi otak bisa bekerja ketika melihat orang yang sedang merokok. Karena itu, sebaiknya hindari tempat yang banyak orang merokok, jika makan ditempat umum sebaiknya pilihlah tempat yang tidak diperbolehkan merokok.

5. Aktivitas Fisik dan Olahraga
Pada umumnya seseorang akan merokok saat ada waktu senggang, cobalah untuk sering melakukan aktivitas fisik untuk membantu mengurangi keinginan untuk merokok. Selain itu, olahraga bisa dilakukan untuk melepas efek ketergantungan terhapa rokok.

6. Alihkan Perhatian
Saat hasrat untuk merokok muncul, segeralah alihkan perhatian dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat, misalkan jalan-jalan atau membaca buku. Dengan melakukan aktivitas, otak akan terkonsentrasi pada sesuatu yang sedang dikerjakan dan keinginan merokok akan terlupakan.

7. Tegas pada Diri Sendiri
Kendala berhenti merokok salah satunnya karena tidak tegas pada diri sendiri, umumnya perokok akan merasa tidak enak untuk menolak saat teman menawarkan rokok, akibatnya program berhenti merokok menjadi gagal karena bertambahnya efek zat adiktif yang masuk dalam tubuh.

Hilangkan rasa tidak enak dan tegas untuk menolak setiap tawaran rokok dari siapapun dapat mempermudah mencapai hasil berhenti merokok.

Menjalankan cara berhenti merokok hanya dapat terwujud dengan iat dan tekad yang bulat untuk menjaga kesehatan dan menghindari efek negatif berbahaya dari zat kimia yang terkandung dalam rokok.

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon