20 Des 2017

Cara Tepat Mengatasi Nyeri Haid Sejak Menjelang Menstruasi

Cara Tepat Mengatasi Nyeri Haid Sejak Menjelang Menstruasi Hingga Hari Pertama

Kebanyakan wanita pernah merasakan nyeri haid atau sakit perut pada hari pertama bahkan sejak menjelang menstruasi, kondisi ini sangat normal karena adanya ketidakstabilan hormon kewanitaan saat menjelang menstruasi hingga beberapa hari masa haid berlangsung. Namun, seringkali beberapa wanita merasakan nyeri yang berlebihan, sehingga mereka melakukan berbagai cara untuk mengatasi nyeri haid.

Rasa nyeri saat haid umumnya merupakan salah satu rangkaian gejala PMS (Pre Menstrual Syndrome), gejala PMS berlangsung sejak 7-10 hari menjelang menstruasi hingga beberapa hari setelah mendapat menstruasi. Selain PMS, rasa nyeri saat haid bisa juga berupa dismenorea, kondisi ini ditandai dengan sakit perut bagian bawah saat haid hari pertama dengan rasa sakit yang sangat berat bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Cara Meredakan Gejala PMS Secara Alami

PMS merupakan sekumpulan gejala yang dirasakan wanita pada proses terjadinya siklus menstruasi yang berupa gangguan fifik dan psikologi atau mental. Sekitar 90 persen wanita usia melahirkan selalu mengalami gejala PMS seperti rasa nyeri pada sendi, otot serta pinggul hingga gejala psikis seperti sensitif, depresi hingga mood yang cepat berubah.

Gejala PMS yang dirasakan setiap orang berbeda-beda mulai dari yang paling ringan hingga berat dan gejala akan menghilang beberapa hari setelah masa menstruasi datang atau setelah hormon estrogen dan progesteron lebih stabil.

Untuk mengetahui penyebab dan gejala PMS silahkan baca artikel dibawah ini:
Baca Juga: Mengenal PMS Sindrom Wanita Menjelang Menstruasi
Untuk mengatasi gejala PMS dengan cepat dapat melakukan beberapa cara alami berikut

1. Hindari Makanan dengan Kadar Lemak Jenuh Tinggi
Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dapat meningkatkan kadar hormon estrogen dalam darah, tingginya hormon estrogen tersebut menyebabkan ketidakstabilan hormon yang mengakibatkan gejala PMS semakin berat. Beberapa makanan dengan kadar lemak jenuh tinggi seperti daging merah, susu tinggi lemak dan makanan berminyak sebaiknya dihindari.

2. Konsumsi Makanan Berserat Alami Tinggi
Serat alami dapat mengikat hormon estrogen sehingga kadar hormon estrogen lebih stabil, karena itu mengkonsumsi makanan berserat alami tinggi seperti sayur hijau sangat baik untuk membantu meredakan gejala PMS seperti nyeri haid.

3. Hindari Makanan yang Mengadung Fitoestrogen

Makanan yang mengandung fistroestogen menyebabkan meningkatnya kadar hormon estrogen, beberapa makanan yang mengandung fitoestrogen yakni kedelai dan olahannya seperti tempe dan tahu, kacang-kacangan serta produk buah kering.

4. Kurangi Konsumsi Gula dan Garam
Salah satu gejala PMS yaitu terjadi pembengkakan berat badan serta perut tersa kembung, untuk meredakannya sebaiknya kurangi konsumsi gula dan garam.

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Asam Amino Tirosin dan Triptofan
Asam amino tirosin bermanfaat sebagaai zat stimulan dan penenang yang efektif, sedangkan asam amino Triptofan dapat membuat lebih rileks. Kedua asam amino tersbut triptofan dapat membantu mengurangi tingkat stres, depresi dan cemas yang merupakan gejala PMS.

Makanan yang mengandung asam amino tirosin seperti pisang dan apukat, sedangkan asam amino triptofan dapat diperoleh dengan mengkonsumsi bayam dan rumput laut.

5. Hindari Kafein dan Rokok
Kafein dapat meyebabkan keteganagan dan mempengaruhi suasana hati, untuk mengurangi stres dan cemas sebaiknya hindari kafein seperti kopi, teh dan coklat. Selain itu, rokok juga perlu dihindari, karena meyebabkan aliran darah menurun dan menggangu proses penyerapan vitamin C.

6. Konsumsi Vitamin C dan vitamin B12
Untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama masa PMS, sebaiknya konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan vitamin B12

7. Hindari Alkohol
Alkohol dapat meyebabkan ganguan fungsi otak dan mempengaruhi emosional, agar deprsei dan rasa cemas bisa turun sebaiknya hindari mengkonsumsi alkohol

8. Olahraga Teratur dan Istirahat Cukup
Olahraga ringan secara teratur akan mebuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat, sehingga proses metabolisme tubuh menjadi lebih baik yang akan mengurangi gejala berbagai gejala pesikis akibat PMS, selain itu istrirahat yang cukup juga diperlukan agar kondisi badan tetap fit.

Gejala PMS yang berlebihan dapat dihindari dengan mengkonsumsi makanan pereda gejala PMS seperti nyeri haid maupun gejala psikis lainya.

Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid Akibat Dismenorea

Selain karena PMS, nyeri haid juga bisa berupa dismenorea, hal ini terjadi karena adanya kontraksi otot-otot rahim yang kuat, rasa sakit dismenorea biasanya dirasakan pada perut bagain bawah yang muncul pada hari pertama hingga hari ke 3 menstruasi dengan rasa nyeri ringan hingga luar biasa berat.

Pada kasus dismenorea berat, kemungkinan terjadi karena didalam rahim terdapat banyak prostaglandin yang menyebabkan saraf-saraf dalam rahim menjadi lebih sensitif terhadap rasa nyeri. Terdapat dua jenis dismenorea yaitu dismenorea primer dan dismenorea sekunder.
  • Dismenorea primer
Dismenorea ini murni terjadi karena adanya kontraksi otot rahim saat haid, ciri umum dismenorea primer yakni rasa sakit muncul pada hari pertama menstruasi dan akan sembuh dengan sendirinya. Selain itu, keluhan rasa sakit pada dismenorea primer akan berkurang setelah wanita yang bersangkutan menikah atau hamil. Nyeri haid ini normal dan tidak membahayakan kesehatan. Dismenorea ini terjadi murni karena kontraksi otot rahim saat menstruasi akibat dari hormon prostaglandin
  • Dismenorea Sekunder
Dismenorea sekunder umumnya muncul beberapa hari setelah masa mesntruasi berjalan dan rasa sakit yang berat berlangsung 3-4 hari disertai mual, muntah hingga pingsan. Penyebab dismenorea sekunder bisa karena rahim tidak normal hingga disebabkan karena penyakit seperti kista, infeksi rahim, dan tumor.

Berikut cara meringankan rasa nyeri dan sakit karena dismenorea
  1. Konsumsi makanan yang kaya protein dan serat
  2. Konsumsi makanan yang mengandung kalsium, magnesium, vitamin A, vitamin E, vitamin B6 dan vitamin C
  3. Kurangi makanan yang mengandung garam tinggi seperti junk food
  4. Perbanyak minum jus buah
  5. Hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, selain itu minuman bersoda juga perlu dihindari.
  6. Hindari stres dan perbanyak rileks

Rasa nyeri dan sakit saat haid merupakan kondisi normal, namun jika tidak diatasi dengan tepat bisa mengganggu berbagai aktifitas sehari, apalagi jika nyeri haid datang tengah malam tentu akan semakin menyiksa.