1 Des 2017

Cara Tepat Mengatasi Sesak Nafas Tanpa Obat

Cara Tepat Mengatasi Sesak Nafas Dengan Terapi Alami Tanpa Obat

Mengatasi sesak nafas sebenarnya sangat mudah dilakukan meski tanpa obat, cara ini cukup ampuh digunakan untuk melancarakan proses pernafasan. Namun, jika sesak nafas disebabkan penyakit serius seperti paru-paru basah atau penyakit berat lainnya, sebaiknya lakukan pengobatan medis untuk menghilangkan penyakit penyebab sesak nafas.

Sesak nafas terjadi karena kurangnya suplai oksigen yang menuju ke paru-paru sehingga bagian-bagian tubuh yang dilibatkan dalam proses pernafasan akan bekerja lebih keras, akibatnya bernafas akan terasa sulit atau tidak nyaman dan biasanya diikuti dengan rasa sakit pada bagian dada.

Sesak nafas bisa jadi merupakan gejala gangguan kesehatan yang disebabkan penyakit-penyakit tertentu seperti asma, sinusitis, tuberkulosis, paru-paru basah (pneumonia), gagal jantung hingga kanker paru-paru. Karena itu, cara mengobati sesak nafas yang efektif sebenarnya harus melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter.

4 Terapi Alami Tanpa Obat untuk Mengatasi Sesak Nafas


Meredakan gejala sesak nafas bisa dilakukan dengan terapi sederhana tanpa harus mengkonsumsi obat, namun yang harus diingat bahwa terapi tradisional ini untuk membantu meringankan gejala kesulitan bernafas yang tidak termasuk kondisi darurat medis.

Terapi ini dapat menyembuhkan secara total sesak nafas yang disebabkan penyakit ringan seperti flu atau pilek. Berikut langkah-langkah mengatasi sesak nafas dengan terapi alami tanpa mengkonsumsi obat-obatan.

1. Berkumur dengan Air Garam dan Kunyit
Berkumur dengan air garam yang dicampur dengan sedikit kunyit dipercaya dapat membantu memecah lendir pada saluran pernafasan, sehingga proses bernafas akan lebih lancar.

Caranya masukan 1 hingga 2 sendok makan gram dan sedikit air perasan kunyit kedalam setengah gelas air hangat, aduk hingga tercampur rata dan pakailah air campuran tersebut untuk berkumur hingga mencapai bagain tenggorokan selama 1 hingga 2 menit, lakukan 3 hingga 4 kali dalam sehari.

2. Terapi penguapan
Terapi alami tradisional ini sudah bertahun-tahun digunakan untuk membantu mengatasi sesak nafas dan terbukti efektif untuk menghilangkan lendir pada saluran pernapasan dengan memanfaatkan kelembapan uap air panas.

Caranya tuangkan air panas kedalam mangkuk, posisikan wajah diatas mangkuk dan letakan handuk diatas kepala hingga menutupi kedua sisi wajah agar uap air terperangkap, tahan posisi ini selama beberapa menit sambil melakukan pernapasan dalam. Agar kerja uap lebih optimal bisa ditambahkan beberapa tetes minyak telon atau minyak kayu putih.

3. Meninggikan kepala saat tidur
Memposisikan kepala lebih tinggi saat tidur dapat dilakukan untuk membantu mengeluarkan lendir dan mencegah penimbunan lendir pada waktu tidur berlangsung. Gunakan beberapa bantal untuk mengganjal kepala agar lebih tinggi dari tubuh.

4. Yoga ringan
Olahraga yoga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, salah satunya dapat membantu melancarakan pernafasan, beberapa gerakan yoga dapat membuka saluran udara dan menghilangkan lendir.

Cobalah untuk melakukan gerakan yoga reclining bound angle, yaitu dengan menempatkan matras atau bantal diatas lantai, berbaringlah dengan posisi punggung sampai kepala diatas bantal atau matras, sehingga tubuh/kepala pada posisi yang lebih tinggi daripada kaki, lalu tekuk kedua lutut seperti posisi bersila dan kedua telapak kaki saling bersentuhan.

Keempat cara mudah mengatasi sesak nafas tanpa obat diatas dapat dilakukan dirumah dengan disertai menjaga pikiran dan emosi untuk lebih tenang dan rileks. namun jika gejala sesak nafas tidak juga mereda segeralah ke dokter untuk mengetahui potensi penyakit yang ada dalam tubuh dan mendaptkan penanganan yang tepat.
Baca Juga: Obat Radang Tenggorokan Alami dan Apotik yang Terbukti Manjur

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon