18 Des 2017

Kenali Gejala Kanker Serviks Stadium Awal dan Lanjut Sebelum Terlambat

Kenali Gejala Kanker Serviks Stadium Awal dan Lanjut Sejak Dini Sebelum Terlambat

Rendahnya pengetahuan masyarakat terkait ciri-ciri dan gejala kanker serviks menjadi salah satu penyebab meningkatnya jumlah penderita kanker serviks setiap tahunnya, bahkan menurut ketua YKI Prof.dr. Aru Wicaksono yang kami kutip dari kumparan.com 26 feb 17, menyatakan prosentase kematian wanita akibat kanker serviks mencapai 50 persen dari total penderita kanker serviks setiap harinya.

Kanker serviks menjadi kanker pembunuh nomer satu pada wanita di Indonesia setelah kanker payudara yang menempati urutan kedua, label tersebut sangat wajar mengingat gejala kanker serviks stadium awal yakni stadium 1 hingga stadium 2a umumnya tidak menunjukan ciri-ciri atau tanda apapun, biasanya gejala kanker serviks baru terlihat pada stadium lanjut.

Akibatnya pengidap kanker serviks baru menyadari setelah kanker sudah tahap stadium 2b, stadium 3 hingga stadium 4, bahkan kanker serviks sudah masuk tahap metastasis atau sudah menyebar ke organ maupun jaringan tubuh lainnya, seperti tulang, hati, paru-paru dan kelenjar getah bening.

Agar terhindar dari bahaya kanker serviks pada wanita, perlu dilakukan upaya pencegahan kanker serviks sejak dini sebelum terlambat, salah satunya dengan suntik vaksin HPV dan melakukan tes skrining kanker serviks seperti tes visual dengan asam asetat (IVA), pap smear hingga tes HPV atau HPV-DNA.

Baca Juga: Cara Mencegah Kanker Serviks dengan 5 Langkah Tepat

Selain melakukan langkah pencegahan kanker serviks dengan suntik vaksin HPV dan tes skrining kanker serviks, masyarakat juga perlu pengetahuan mengenai ciri-ciri atau gejala kanker serviks stadium 1 hingga gejala kanker serviks stadium 4 sebagai upaya cara pencegahan kanker serviks sejak dini.

Gejala Kanker serviks Stadium Awal yang Mungkin Muncul

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa gejala kanker serviks stadium awal jarang terlihat, namun beberapa kasus kanker serviks stadium awal juga ada yang menunjukan gejala atau tanda-tanda. Biasanya gejala kanker serviks stadium awal dirasakan pada penderita kanker serviks stadium 1 hingga stadium 2a.

Berikut gejala kanker serviks stadium 1 dan stadium 2a (stadium awal) yang mungkin muncul

1.Perubahan Siklus Menstruasi
Siklus menstruasi normal pada wanita yakni setiap 21-35 hari dengan lama menstruasi 3-7 hari, darah yang keluar pada menstruasi normal sekira 80 ml, jika terjadi perubahan siklus menstruasi yang abnormal atau tidak teratur bisa saja merupakan gejala adanya infeksi virus HPV (Human Papilloma Virus) penyebab kanker serviks pada wanita.

Namun yang perlu diketahui bahwa menstruasi yang tidak teratur bukan merupakan gejala pasti kanker serviks, jadi perlu dilakukan tes skrining (pap smear, IVA, tes HPV) untuk mendapatkan diagnosa yang lebih akurat.

2. Keputihan yang Abormal
Ciri keputihan abnormal yang kemungkinan disebabkan kanker serviks yakni lendir cenderung kental, berwarna coklat kemerahan seperti bercampur darah dan terasa gatal, kondisi tersebut dipengaruhi adanya aktivitas virus HPV pada organ reproduksi wanita.

3. Sakit dan Berdarah Saat Berhubungan
Gejala kanker serviks stadium 1 dan 2 biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada organ intim wanita saat berhubungan sekual, selain itu orga intim wanita mengeluarkan darah setelah melakukan hubungan diluar masa menstruasi maupun pada wanita menopause.

4. Nyeri Pada panggul
Rasa nyeri pada panggul bisa saja disebabkan karena adanya perubahan tidak normal pada daerah leher rahim yang disebabkan infeksi virus HPV.

Semua Gejala kanker serviks pada stadium awal yakni stadium 1 dan stadium 2 perlu dilakukan tes tambahan seperti skrining kanker serviks (pap smear, IVA, tes HPV) untuk mendapatkan diagnosa yang lebih akurat. Jika Anda merasakan salah satu atau lebih gejala kanker serviks stadium awal, segeralah konsultasikan ke dokter untk mendapatkan penanganan sejak dini.

Gejala Kanker Serviks Stadium 4 yang Umum Terjadi

Pada kanker serviks stadium lanjut akan menunjukan tanda atau gejala lebih serius, yang termasuk kanker serviks stadium lanjut meliputi kanker serviks stadium 2B, stadium 3 dan stadium 4 (4a dan 4b) sebagai stadium dengan tingkat bahaya tertinggi pada kanker serviks.

Berikut gejala kanker serviks stadium 4 sebagai gejala lanjutan dari stadium awal

1. Nyeri Pada Punggung bawah, perut bagian bawah dan tulang
Rasa nyeri pada punggung bagian bawah dan perut bagian bawah terjadi karena adanya peradangan sel-sel kanker pada organ reproduksi wanita. Selain itu, rasa sakit pada tulang terjadi karena sel-sel kanker yang telah menyebar ke tulang.

2. Rasa Lelah dan Lemah
Penderita kanker serviks stadium 4 akan merasaakan kondisi kelelahan berlebihan dan lemah seperti tidak punya tenaga, kondisi ini karena terjadi anemia akibat pendarahan berlebihan dan dipengaruhi oleh sel-sel kanker sudah menyebar ke otot yang menyebabkan fungsi otot berkurang. Selan itu, nafsu makan akan berkurang yang dapat mempengaruhi penurunan berat badan.

3. Kulit Pucat
Penderita kanker serviks akan mengalami pendarahan yang berlebihan karena sel-sel kanker telah meyebar ke vagna, usus dan kandung kemih, umumnya pendarahan akan keluar melalui vagina saat buang ari kecil. Banyaknya darah yang keluar mengakibatkan kulit menjadi pucat kekurangan darah.

4. Sesak Nafas
Penderita kanker serviks stadium 4 akan mengalami sesak nafas setelah sel-sel kanker menyebar ke dalam paru-paru

5. Perubahan pada Urine
Sel-sel kanker yang telah menyebar ke kandung kemih menyebabkan fungsi kandung kemih megalami kerusakan, akibatnya terjadi penurunan jumlah urine, urine keluar tanpa terkontrol hingga urine yang bercampur darah

6. Muncul Fistula
Pada tingkat yang lebih parah, kanker serviks stadium 4 menyebabkan munculya saluran abnormal atau fistula yang menghubungkan antara kandung kemih dan vagna, akibatnya akan terjadi kebocoran urine atau urine akan keluar terus menerus tanpa terkendali.

7. Sembelit
Kanker serviks stadium 4 juga dapat mengakibatkan sembelit (konstipasi) yakni buang air besar terasa sulit dan tidak teratur hingga tidak bisa buang air besar sama sekali, penyebabnya karena terjadi penyumbatan usus oleh tumor dan saraf tulang belakang yang tertekan tumor.

8. Kaki Membengkak

Salah satu komplikasi kanker serviks yang terjadi adalah terjadi pembengkakan pada kaki, kondisi ini disebabkan karena aliran darah balik ke paha terganggu akibat adanya sumbatan pada pembulih darah balik paha. Selain itu, sumbatan pembuluh darah getah bening pada kaki dan adanya gangguan ginjal bisa menjadi penyebab kaki memebengkak pada penderita kanker serviks.

Mengetahui gejala kanker serviks stadium awal dan stadium 4 atau stadium lanjut bermanfaat sebagai cara mendeteksi diri dari penyakit kanker serviks yang telah banyak merenggut nyawa kaum wanita.