1 Des 2017

Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2017 Menuju Masyarakat Inklusif

Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2017 Menuju Masyarakat Inklusif, tangguh dan berkelanjutan

Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap tanggal 3 desember sebagai bentuk kampanye penyadaran masyarakat terhadap permasalahan yang berkaitan dengan penyandang cacat serta sebagai wujud kepedulian dan dukungan kepada penyandang cacat agar hak, martabat dan kesejahteraannya meningkat.

Tema Hari Disabilitas Internasional 2017 di Indonesia yaitu menuju masyarakat inklusif, tangguh dan berkelanjutan sesuai UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Pemilihan tema ini berdasarkan masih banyaknya persoalan-persoalan yang dihadapi penyandang cacat, seperti perlakuan diskriminatif dan rendahnya tingkat kesejahteraan para penyandang cacat.

Mengacu pada UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang cacat, maka kedudukan hak dan martabat penyandang cacat (disibilitas) sama dengan warga negara indonesia lainnya dalam setiap aspek kehidupan, karena itu sudah seharusnya seluruh masyarakat indonesia sadar dan memandang positif pada setiap perbedaan yang ada.

Pada peringatan hari disabilitas internasional 2017 ini dapat dijadikan sebagai momen intropeksi bagi seluruh masyarakat indonesia dan pemerintah bahwa masih banyak hak-hak penyandang disabilitas yang belum terpenuhi. Kurangnya fasilitas publik khusus bagi difabel meyebabkan aktivitas penyandang disabilitas menjadi sangat terbatas, karena itu menyediakan fasilitas publik khusus difabel menjadi persoalan utama yang harus diselesaikan.

Selain peningkatan penyediaan fasilitas umum khusus difabel, persoalan kesejahteraan juga menjadi masalah serius yang harus dibenahi. Pada umumnya perusahaan tidak mau menempatkan seorang difabel sebagai pekerja karena dinilai kurang efektif, karena itu peran pemerintah sangat dibutuhkan untuk memberi pelatihan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan penyandang disabilitas.

Sesuai dengan tema hari disabilitas 2017 yakni masyarakat yang tangguh, maka ketangguhan mental penyandang disabilitas juga harus ditempa agar tidak merasa rendah diri ketika berada di tengah masyarakat dan tidak mudah putus asa saat menghadapi persoalan pada setiap aspek kehidupan.

Kesehatan dan rehabilitasi bagi penyandang disabilitas juga perlu diperhatikan untuk memfungsikan kembali dan mengembangkan kemampuan fisik, mental serta sosial agar dapat bersaing dengan masyarkat lainnya. Salah satu bentuk pengembangan mental yakni dengan memberi motivasi hidup.

Kata-kata Motivasi Penyandang Disabilitas (difabel) untuk Menuju Masyarakat Tangguh

Kata-kata motivasi bagi difabel dapat disematkan dalam kartu ucapan peringatan hari disabilitas 2017, berikut contoh kartu ucapan hari disabilitas 2017 dengan kata-kata motivasi terkait tema peringatan hari disabilitas internasional 2017.

Kartu ucapan Hari Disabilitas Internasional 2017 tema menuju masyarakat inklusif tangguh dan berkelanjutan
Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2017 Menuju Masyarakat Inklusif, tangguh dan berkelanjutan

Kartu ucapan Hari Disabilitas Internasional 2017 tema menuju masyarakat inklusif yang berketahan nasional
Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2017 Menuju Masyarakat Inklusif, tangguh dan berkelanjutan

Kartu ucapan Hari Disabilitas Internasional 2017 tema menuju masyarakat inklusif dan berkesinambungan
Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2017 Menuju Masyarakat Inklusif, tangguh dan berkelanjutan

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon