21 Des 2017

Hari Ibu 2017 Wujudkan Kesehatan Perempuan Indonesia Berkualitas

Peringatan Hari Ibu 2017 untuk Mewujudkan Kesehatan Perempuan Indonesia Lebih Berkualitas

Puncak peringatan hari ibu ke 89 tanggal 22 desember 2017 menjadi refleksi bersama terkait kualitas kesehatan perempuan indonesia. Tingginya angka kematian ibu yang disebabkan proses kehamilan serta persalinan dan berbagai penyakit kewanitaan mengindikasikan tingkat kesehatan perempuan indonesia masih rendah.

Rendahya kualitas kesehatan perempuan indonesia sangat berkaitan dengan hasil survey yang diselenggarakan oleh Perhimpuan Osteoporosis Indonesia dengan Fonterra Brands Indonesia yang menyimpulkan bahwa perempauan indonesia lebih memprioritaskan kesehatan keluarga dibanding kesehatan dirinya (kartini 08/03/2017).

Selain kurang peduli pada kesehatan diri, tingginya angka kematian ibu dan permpuan indonesia juga dipengaruhi beberapa faktor seperti rendahnya pengetahuan kesehatan, tingkat ekonomi dan tingkat pendidikan.

Kualitas kesehatan perempuan merupakan salah satu ukuran berhasil tidaknya tujuan peringatan hari ibu ke 89 yang termaktub dalam sub tema hari ibu 2017 yakni meningkatkan akses ekonomi bagi perempuan menuju perempuan mandiri, sejahtera serta bebas dari kekerasan dan peningkatan ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang kuat dalam berbagai bidang.

Pada artikel kabar klinik sebelumnya diuraikan perihal tanggung jawab seorang ibu atau orang tua dalam menjaga kesehatan keluarga dan anak, yang perlu diperhatikan bahwa kewajiban menjaga kesehatan keluarga juga harus di ikuti dengan menjaga kesehatan diri, artinya meningkatkan kualitas kesehatan keluarga dan kesehatan diri atau ibu memiliki prioritas yang sama.
Baca Juga:
Peringatan Hari Ibu Nasional 2017 Menuju Keluarga Sehat Untuk Indonesia Maju
Untuk meningkatkan kualitas kesehatan perempuan indoensia, setidaknya ada 3 hal yang perlu menjadi perhatian.

1. Peningkatan Pengetahuan Kesehatan
Pengetahuan terkait kesehatan bagi perempaun mutlak diperlukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan perempuan di indonesia, hal itu didasari semakin banyaknya kematian perempuan yang disebabkan beberapa penyakit kewanitan seperti kanker payudara, kanker serviks serta penyakit kronis lainnya.

Pemerintah bersama yayasan perempuan indonesia harus menjadi pioner dalam meningkatakan kesadaran dan pengetahuan terkait bahaya penyakit dan cara menjaga kesehatan. Salah satu program pemerintah yaitu Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) cukup efektif untuk meningkatkan kualitas kesehatan perempuan dan keluarga.
Baca Juga:

2. Peningkatan Kesejahteraan Perempuan
Tingkat kesejahteraan perempuan salah satunya dipengaruhi faktor ekonomi, survey yang dilakukan di bidan Titik Rahayu dibeberapa posyandu kota Batu menemukan adanya keterkaitan antara tingkat gizi anak dengan status ekonomi, artinya tingkat kesejahteraan ibu dan keluarga tidak saja berpengaruh pada kualitas kesehatan ibu, namun juga berimbas pada kualitas gizi anak.

Selain itu, tingkat kesehateraan permpuan juga berpengaruh pada perilaku persalinan yang selama ini menjadi faktor penyebab tingginya angka kematian ibu. Jadi peningkatan kesejahteraan perempuan harus menjadi prioritas tujuan peringatan hari ibu 2017 ini.

3. Peningkatan Gizi Perempuan
Peningkatan gizi bagi perempuan sangat berperan dalam menekan angka kematian ibu serta menentukan kualitas kesehatan anak dan keluraga. Membiasakan pola makan sehat berimbang mempunyai implikasi yang baik bagi kondisi kesehatan perempuan serta keluraga.

Pada umumnya, masyarakat menganggap pola makan sehat berimbang membutuhkan biaya tidak sedikit, faktanya makanan sehat jauh lebih murah dibanding makanan yang kurang sehat seperi makanan tinggi kalori dan lemak yang banyak beredar di restoran cepat saji.

Peringatan hari ibu 2017 akan lebih bermakna ketika kualitas kesehatan perempuan indonesia meningkat agar tercipta generasi ibu-ibu indonesia yang sehat, cerdas dan berkualitas.

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon