21 Des 2017

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Menjelang Libur Natal 2017

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Menjelang Libur Natal 2017 dan Tahun Baru

Perayaan natal 2017 dan tahun baru merupakan hari yang paling dinantikan bagi kebanyakan orang, selain momen untuk berkumpul dengan keluarga juga menjadi waktu yag tepat untuk berlibur, namun kondisi kesehatan tubuh juga perlu diperhatikan agar rencana berlibur berjalan dengan baik sesuai rencana.

Menjaga kesehatan tubuh menjelang libur natal 2017dan tahun baru 2018 wajib dilakukan mengingat cuaca buruk yang masih berlangsung hingga diperkirakan sampai awal januari. Selain itu, perayaan natal dan tahun baru umumnya dipenuhi dengan makanan yang berpotensi menggangu kesehatan.

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai persiapan menjelang berlibur agar kondisi tetap fit dan kemungkinan terburuk bisa diantisipasi.

1. Cuaca Buruk
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisi (BMKG) memperkirakan cuaca buruk dengan intensitas hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang akan terjadi menjelang perayaan Natal 2017 hingga malam tahun baru 2018. Kondisi ini akan berdampak pada kesehatan tubuh jika tidak dipersiapkan dengan baik.
Baca Juga: 7 Ancaman Penyakit di Musim Hujan

Kondisi ini berotensi meningkatnya beberapa penyakit seperti flu, pilek, diare, tipes, demam berdarah, kutu air hingga leptospirosis. Selain itu, potensi banjir pada beberapa daerah juga harus diperhatikan, pasalnya air banjir merupakan salah satu media penyebaran bakteri penyebab penyakit.

2. Makanan Kalori dan Lemak Tinggi

Pada umumnya perayaan natal akan dipenuhi dengan makanan berkalori tinggi, penuh lemak tak jenuh dan gula seperti kue manis, daging panggang dan beberapa makanan lainnya. Jika tidak bisa mengendalikan nafsu makan akan berpotensi menambah berat badan serta mengancam timbulnya berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes, kanker pankreas hingga tekanan darah tinggi.

Agar terhindar dari ancaman berbagai penyakit dan tubuh tetap fit saat libur natal dan tahun baru, ikuti tips menjaga kesehatan tubuh berikut ini

1. Konsumsi Vitamin

Musim hujan umumnya dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun, hal itu dipengaruhi oleh kondisi tubuh yang harus beradaptasi dengan suhu atau cuaca setiap harinya, penyakit dapat dengan mudah meyerang saat daya tahan tubuh lemah.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh disarankan mengkonsumsi vitamin, terutama vitamin C yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Asupan vitamin C bisa didapat dari suplemen vitamin maupun makanan yang mengandung vitamin C tinggi seperti buah-buahan dan sayuran.

2. Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan
Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar dapat mencegah terkena berbagai penyakit yang dibawa kuman maupun mikroorganisme lain, biasakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun pada setelah melakukan aktifitas yang berpotensi membawa kuman.

Kebersihan lingkungan juga perlu dijaga untuk mencegah terjadinya polusi udara yang bisa disebabkan oelh penumpukan sampah, asap rokok maupun asap kendaraan.

3. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh
Mengkonsumsi air putih sedikitnya 1,5 liter perhari dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi, selain itu air putih juga membantu mengontrol kalori dalam tubuh serta membantu melancarkan pencernaan.

4. Istirahat dan Tidur Cukup
Istirahat dan tidur berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, kurang tidur dapat menigkatkan resiko terkena berbagai penyakit seperti tekana darah tinggi, stroke dan berbagai penyakit lainnya. Selain itu, istirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon