24 Des 2017

Tips Memilih Makanan Sehat untuk Perayaan Natal

Tips Memilih Makanan Sehat untuk Perayaan Natal dan Ucapan Natal

Menjelang perayaan natal tanggal 25 desember tentu banyak yang harus dipersiapkan, selain merangkai kata ucapan selamat natal yang menarik dan penuh makna, menyiapkan berbagai hidangan khas natal dimeja makan juga perlu dilakukan. Namun, tidak semua makanan natal baik untuk kesehatan, karena itu Kabar Klinik memberi tips memilih makanan sehat untuk perayaan natal.

Setap hari raya, termasuk hari raya natal selalu identik dengan makanan maupun minuman untuk menjamu sanak saudara dan tetangga, bahkan kebanyakan orang akan membuat kue ucapan natal yang menarik seperti kue tart warna warni yang akan diberikan pada seseorang yang dianggap spesial. Namun sebelum itu dilakukan sebaiknya pastikan dulu bahan makanan yang digunakan untuk membuat kue tidak berbahaya bagi kesehatan.

Pada umumnya, kue ucapan natal seperti kue tart mengandung banyak gula dan pewarna makanan yang tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan, apalagi jika pewarna makanan yeng digunakan bukan dari bahan pewarna alami tentu banyak memiliki efek buruk bagi kesehatan.

Makanan manis yang mengandung banyak gula sangat tidak baik dikonsumsi secara berlebihan, gula tambahan pada kue tart yang umumnya berupa sukrosa dan fruktosa mengandung kadar kalori tinggi, tetapi tidak memiliki nutrisi penting seperti protein, lemak baik, mineral maupun vitamin. Selain itu, kebanyakan mengkonsumsi gula dapat memicu berbagai penyakit, seperti kerusakan gigi, obesitas, penyakit jantung bahkan penyakit kanker.

Kue tart dan makanan yang penuh warna memang sangat menarik untuk dijadikan kado ucapan selamat natal, namun warna yang mencolok pada kue umumnya berasal dari pewarna makanan sintesis yang memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh. Bahkan sekitar 90 persen industri makanan menggunakan pewarna sintesis untuk mempercantik tampilan makanan.

Salah satu pewarna makanan pada kue ucapan natal yang berwarna merah yakni Allura Red (E129), efek samping pewarna makanan ini bisa memicu ruam dan gatal-gatal pada kulit. Karena itu, pastikan warna pada kue natal berasal dari pewarna alami atau bahan pewarna yang telah disetujui oleh dinkes seperti kurkumin, riboflavin, karmin dan ekstrak cochineal, titanium dioksida, karbon tanaman, beta-karoten, ekstrak anato, karotenoid, merah bit, antosianin, karamel dan klorofil.

Merayakan Natal dengan Makanan Sehat

Menghidangkan makanan sehat pada perayaan natal tidak hanya membuat hari raya natal semakin menarik, tetapi bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut beberapa makanan sehat untuk perayaan natal.

1. Kalkun Panggang

Tips Memilih Makanan Sehat untuk Perayaan Natal dan Ucapan Natal

Kalkun panggang untuk hidangan perayaan natal merupakan pilihan makanan yang tepat, selain sebagai makanan khas natal dan bikin kenyang, kalkun juga mengandung banyak nutrisi yang baik baik bagi tubuh. Daging kalkun kaya akan protein yang bermanfaat bagi perkembangan dan perbaikan jaringan tubuh, kandungan mineral seperti selenium yang terdapat pada kalkun juga sangat baik sebagi antioksidan.

Kandungan tryptophan, vitamin B3 dan B6 pada kalkun bermanfaat dalam produksi serotinin dalam otak yang berfungsi menjadikan perasaan tenang dan bahagia.

2. Saus Cranberry


Tips Memilih Makanan Sehat untuk Perayaan Natal dan Ucapan Natal

Untuk menambah cita rasa kalkun panggang bisa memilih saus cranberry, saus ini terbuat dari buah cranberry yang memiliki rasa asam. Buah dari keluarga berry dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, begitu juga denga buah cranberry yang kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, carotene, lutein, folate, magnesium dan potasium.

Tingginya kandungan nutrisi pada cranberry menjadikan buah ini kaya manfaat seperti mencegah penyakit diabetes, baik bagi kesehatan kulit, mencegah kanker, melancarkan pencernaa dan baik untuk menu diet. Untuk membuat rasa manis pada saus cranberry sebaiknya jangan terlalu banyak menambahkan gula.

3. Jeruk Clementine


Tips Memilih Makanan Sehat untuk Perayaan Natal dan Ucapan Natal

Jeruk clementine bisa ditambahakn pada menu makanan perayaan natal, jeruk ini tidak berbiji dan rasanya sangat segar, warna dan aroma yang khas juga sangat menarik sebagai hidangan malam natal. Jeruk clementine kaya akan zat gizi seperti vitamin dan mineral, tingginya kandungan vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan vitamin B6 baik untuk darah, kulit, dan sistem saraf.

Selain kaya akan vitamin C dan B6, jeruk clementine juga mengandung banyak mineral niacin yang baik untuk kesehatan otak, melancarkan sirkulasi darah, baik untuk kulit dan dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

4. Kentang Panggang

Tips Memilih Makanan Sehat untuk Perayaan Natal dan Ucapan Natal

Kentang panggang bisa menjadi alternatif pilihan makanan untuk perayaan natal, kentang mengandung banyak gizi yang baik bagi kesehatan tubuh, kandungan vitamin C, Vitamin B kompleks, Serat, mineral dan senyawa Karatenoid yang terdapat pada kentang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, kentang juga dapat meningkatkan fungsi otak karena mengandung banyak glukosa, asam animo, omega-3 serta vitamin B kompleks. Bahkan kandungan senyawa Quercetin dalam kentang terbukti dapat mencegah kanker dan tumor.

5. Puding

Tips Memilih Makanan Sehat untuk Perayaan Natal dan Ucapan Natal

Puding dapat dijadikan makanan penutup pada hidangan hari natal, selain enak juga baik untuk kesehatan. Namun bahan pembuat puding juga harus berasal dari bahan-bahan alami tanpa pengawet. Puding umumnya terbuat dari agar-agar yang kaya akan serat, sehingga baik untuk pencernaan dan proses metabolisme tubuh.

Klorofil pada rumput laut sebagai bahan pembuat pada agar-agar bermanfaat sebagai zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas pemicu kanker. Puding juga bisa dijadikan alternatif kue ucapan selamat natal pengganti kue tart.
Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Menjelang Libur Natal
Malam perayaan natal akan lebih indah dan bermakna dengan hidangan yang enak dan sehat, sehingga keluarga akan terjaga dari berbagai macam penyakit.

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon