13 Des 2017

Obat Sakit Gigi yang Terbukti Ampuh Mengatasi Nyeri

Obat Sakit Gigi di Apotik yang Terbukti Ampuh Mengatasi Nyeri

Rasa nyeri yang ditimbulkan sakit gigi memang sangat menggangu aktivitas, karena itu dibutuhkan obat sakit gigi yang terbukti ampuh mengatasi rasa nyeri dan gigi cenat cenut. Banyak sekali jenis obat sakit gigi yang dijual bebas di apotik, namun tidak semua bisa meredakan rasa nyeri dengan cepat.

Pada umumnya sakit gigi ditimbulkan karena gigi berlubang akibat bakteri yang hidup dari sisa makanan yang teringgal di mulut, bakteri tersebut menghasilkan flak yang dapat menyebabkan erosi pada enamel gigi, sehingga bakteri dapat dengan mudah menyerang pembuluh darah dan saraf yang mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa.

Selain karena gigi berlubang, sakit gigi bisa juga disebabkan karena gejala beberapa penyakit serius, seperti sinusitis dan serangan jantung. Karena itu, jika mengalami sakit gigi tapi tidak ada kerusakan gigi atau gigi berlubang sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab sakit gigi secara akurat.

Sakit gigi yang disebabkan karena gigi berlubang lebih mudah disembuhkan dibanding sakit gigi yang disebabkan gejala penyakit lain, berikut beberapa obat sakit gigi berlubang yang dijual di apotik dan terbukti ampuh mengatasi gigi cenat-cenut.

1. Cataflam
Cataflam terbukti manjur mengatasi sakit gigi serta mengurangi peradangan, kandungan utama obat ini yakni kalium diklofenac 25mg dan termasuk obat anti inflamasi non steroid. Selain untuk mengobati sakit gigi, cataflam juga bisa dipakai untuk mengobati gejala rematik, nyeri dysmenorrhoe, cedera olaharaga serta kram menstruasi.

Cataflam ada dua jenis, yakni cataflam tablet dengan kandungan kalium diklofenac 25mg yang bisa dikonsumsi orang dewasa dan cataflam drops dengan kandungan kalium diklofenac 15mg sebagai obat sakit gigi untuk anak-anak.

Efek samping yang biasa ditimbulkan cataflam yakni rasa sesak, mual dan muntah, jika efek samping tidak segera reda dan rasa sakit bertambah parah, sebaiknya hentikan penggunaan cataflam dan konsultasikan ke dokter.

2. Berno Asam Mefenamat
Asam mefenamat dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dengan cara menghentikan prostaglandin serta mengurangi peradangan, asam mefenamat yang dijual diapotik produksi bernofarm dengan kandungan asam mefenamat sebesar 500mg, obat ini sangat direkomendasikan bagi orang dewasa dan terbukti manjur.

Efek samping mengkonsumsi asam mefenamat yakni rasa kantuk, hipertensi dan diare, karena itu obat ini direkomendasikan untuk orang dewasa untuk meredakan nyeri dan radang akibat sakit gigi, sakit kepala dan gusi bengkok.

3. Paracetamol
Paracetamol sering digunakan sebagai obat sakit gigi berlubang dan obat penurun panas, obat ini sangat mudah dijumpai di apotik dan toko obat karena banyak orang yang merasa cocok menggunakan paracetamol sebagai pereda nyeri dan mengatasi demam dengan cepat.

4. Ponstan
Obat ini termasuk dalam kategori analgesik (non opiat) dan antipiretik, komposisi utama ponstan berupa amam mefenamat 500mg, khasiatnya sangat ampuh untuk meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi, sakit kepala, vertigo, nyeri otot hingga rasa nyeri setelah operasi.

Jika digunakan dalam jangka panjang, ponstan dapat menimbulkan efek samping berupa agranulositosis dan hemolitik anemia.

5. Dentasol
Dentasol berupa obat kumur yang manfaatnya untuk mengatasi sakit gigi, radang gusi serta mengobati sariawan, efek samping yang ditimbulkan setelah menggunakan obat ini biasanya berupa rasa mual hingga muntah. Dentasol sangat efektif digunakan untuk mencegah radang gusi serta sakit gigi.

Meskipun banyak obat sakit gigi yang terbukti ampuh di apotik, namun mencegah sakit gigi jauh lebih baik, karena itu sebaiknya jaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara rutin menggosok gigi sehari dua kali.
Baca Juga: 15 Obat Sakit Gigi Alami yang Terbukti Manjur

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon