20 Des 2017

Peringatan Hari Ibu Nasional 2017 Menuju Keluarga Sehat Untuk Indonesia Maju

Peringatan Hari Ibu Nasional 2017 Menuju Keluarga Sehat Untuk Indonesia Maju

Hari ibu nasional ke 89 yang diperingati pada tanggal 22 desember 2017 menjadi momen penting untuk meningkatkan kualitas pemberdayaan perempauan atau ibu demi terwujudnya keluarga yang kuat dalam bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan, kehidpan keluarga dan masyarakat serta mampu dalam menyikapai perbedaan budaya.

Peningkatan kualitas kesehatan keluarga menjadi salah satu fokus utama dalam peringatan hari ibu nasional ke 89 tahun 2017 yang mengambil tema "Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya". Hal ini menjadi wajar mengingat kesehatan merupakan salah satu modal utama dalam pembangunan bangsa dan negara indonesia.

Sosok ibu atau perempuan sangat penting dalam mewujudkan keluarga sehat agar tercipta generasi keluarga indonesia yang sehat, cerdas dan berkualitas. Salah satu upaya meningkatkan kualitas kesehatan keluaraga yaitu dengan menjaga kesehatan anak sebagai generasi penerus bangsa.

Kewajiban seorang ibu atau orang tua dan keluarga dalam menjaga kesehatan anak telah diatur dalam UU nomor 23 Tahun 2002 pasal 45 tentang perlindungan anak, karena itu pada peringatan hari ibu ke 89 ini diharapkan para orang tua khususnya ibu bisa menjadi perempuan mandiri yang mampu menciptakan keluarga sehat dengan cara menjaga kesehatan anak dan keluarga.

Peran ibu dalam menjaga kesehatan anak dan keluarga tidak hanya terbatas pada pemberian asupan gizi bagi keluarga maupun menjaga kebersihan lingkungan rumah, namun memberi pendidikan kesehatan pada keluarga juga sangat penting agar tercipta kesadaran akan pentingnya kesehatan bagi setiap anggota keluarga.

Seperti kita ketahui, perkembangan jaman membawa perkembangan pola penyakit baru pada masyarakat, penyakit-penyakit berbahaya yang disebabkan karena pola hidup tumbuh subur di masyarakat. Kerena itu kesadaran pada setiap anggota keluarga untuk menjaga diri dari berbagai penyakit harus tumbuh, disitulah peran seorang ibu untuk memberikan edukasi kesehatan pada anak dan keluarganya.

Setidaknya ada 3 hal yang harus ditanamkan pada keluarga dalam menjaga kesehatan keluarga agar tercipta kesadaran yang tinggi akan pentingnya kesehatan.

1. Pentingnya Asupan Gizi bagi Tubuh
Asupan gizi berimbang pada setiap anggota keluraga merupakan dasar utama dalam membangun keluarga sehat, asupan gizi yang cukup setiap hari selain bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh juga membuat sistem kekebalan tubuh meningkat.

2. Pentingnya Kebersihan Diri dan Lingkungan 
Menjaga kebersihan pada diri dan lingkungan akan menjaga tubuh dari ancaman berbagai kuman maupun mikroorganisme penyebab penyakit, selain itu lingkungan yang bersih juga menciptakan udara yang bebas polusi.

3. Pentingnya Pola Hidup Sehat
Munculnya berbagai penyakit tidak menular yang sangat berbahaya umumnya karena pola hidup tidak sehat, karena itu sangat penting bagi seorang ibu untuk memperkenalkan pola hidup sehat seperti menjauhi rokok dan alkohol, mengurangi stres, minum air putih yang cukup, olahraga rutin dan berbagai gaya hidup sehat lainnya, sehingga anggota keluarga akan terhindar dari ancaman berbagai penyakit.

Jika peran ibu dalam menjaga kesehatan keluarga terpenuhi, tentu kesejahteraan kelurga akan tercipta dan cita-cita bangsa untuk menggapai Indonesia jaya akan tercapai.  
Selamat Hari Ibu Nasional ke 89, Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya.

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon