1 Des 2017

Maulid Nabi 2017: Belajar Pola Hidup Sehat Dari Rasulullah

Peringatan Maulid Nabi 2017 Dengan Cara Belajar Pola Hidup Sehat Dari Rasulullah

Maulid nabi muhammad SAW tahun 2017 yang diperingati tanggal 1 Desember bertepatan dengan Hari AIDS Sedunia, banyak pelajaran yang bisa diambil dari sisi kehidupan rasulullah yang berkaitan dengan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Selama hidupnya nabi muhammad saw jarang terserang penyakit, tercatat dalam riwayat bahwa rasulullah hanya pernah mengalami sakit 2 kali, yaitu ketika diracun seorang yahudi di madinah dan saat menjelang wafatnya. Selain karena kehendak tuhan tentu rasulullah juga selalu menjaga kesehatannya.

Salah satu cara nabi muhammad saw menjaga kesehatannya yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat dan olahraga, karena itu rasulullah mampu mencegah sesuatu yang dapat menyebabkan penyakit. Prinsip hidup sehat dengan menekankan aspek pencegahan dari pada pengobatan banyak termaktub dalam alquran maupun kitab-kitab hadist.

Berikut 4 pola hidup sehat yang diterapkan nabi muhammad saw untuk menjaga kesehatannya,

1. Selalu Menjaga Kebersihan
Nabi muhammad saw sangat menyukai kebersihan, sehingga menjaga kebersihan jiwa dan raganya selalu dilakukan. Tercatat pada beberapa hadist, nabi menekankan pentingnya menjaga kebersihan untuk menghindari datangnnya penyakit.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Bukhari, Nabi muhammad berkata:
"Fitrah manusia ada lima, yaitu dikhitan (disunat), mencukur rambut kemaluan, menggunting (merapikan) kumis, memotong kuku (kuku tangan dan kaki), serta mencabuti bulu ketiak".

Nabi muhammad saw juga sangat suka menggosok gigi setiap bangun tidur, habis makan dan sebelum sholat, rasulullah menggosok gigi menggunakan siwak karena pada saat itu belum ada pasta gigi.

2. Makanan yang Baik dan Bergizi
Nabi muhammad SAW hanya makan makanan yang baik dan bergizi untuk menjaga kesehatannya, beberapa makanan yang biasa dimakan rasullullah seperti ikan laut segar, buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, madu, daging dan susu.

Selain mengkonsumsi makanan yang baik dan bergizi, nabi muhammad juga tidak pernah makan secara berlebihan yang dapat mengakibatkan penumpukan lemak penyebab berbagai penyakit.

3. Pola Tidur yang Baik
Pola tidur seperti yang dilakukan nabi muhammad sangat baik untuk kesehatan, rasulullah selalu tidur lebih cepat dan bangun lebih awal. Tidur yang baik seperti rasulullah yaitu selepas isya atau sekira pukul 9 malam dan bangun pada sepertiga malam atau sekira pukul setengah 4 untuk sholat malam.

4. Olahraga Teratur
Nabi muhammad saw selalu melakukan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh dan menambah stamina, beberapa olahraga yang digemari rasulullah yakni berkuda, memanah dan berenang.

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, nabi muhammad bersabda "Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah", ketiga olahraga tersebut memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan.

Mengungkapkan kegembiraan atas kelahiran Nabi Muhammad saw dalam acara maulid nabi akan lebih berarti jika kita bisa mengambil dan melaksanakan anjuran-anjuran kebaikan rasulullah.

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon