3 Des 2017

Tips Menjaga Kesehatan Anak Menghadapi Ujian Sekolah

Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Menghadapi Ujian Sekolah

Banyak yang perlu dipersiapakan menjelang ujian sekolah, selain latihan soal-soal ujian sekolah beserta cara menemukan jawabannya, menjaga kesehatan anak juga perlu dilakukan. Anak-anak usia sekolah dasar hingga menengah sangat mudah sakit, apalagi ditambah kondisi stres saat menghadapi soal ujian di sekolah.

Saat kondisi tubuh kurang sehat akan mempengaruhi fungsi otak, akibatnya tingkat konsentrasi menurun dalam proses belajar maupun mengingat mata pelajaran, sehingga soal-soal ujian sekolah yang seharusnya mudah dijawab akan terasa sangat sulit, tentu kondisi seperti ini sangat merugikan.

Menjaga kesehatan anak memang perlu dilakukan sepanjang waktu, namun saat anak menghadapi ujian sekolah harus lebih diprioritaskan. Selain menjaga kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu diperhatikan, jangan sampai anak mengalami stres saat di rumah karena banyaknya masalah yang dihadapi dalam keluarga.

Berikut tips menjaga kesehatan fisik dan mental anak saat menjelang dan menghadapi ujian sekolah agar anak lebih mudah mengerjakan soal-soal ujian.

1. Menjaga Pola Tidur
Pola tidur yang tidak baik atau kurang waktu tidur dapat menyebabkan dampak buruk bagi anak, seperti menurunnya konsentrasi, mengantuk dikelas, pemarah, penurunan IQ, depresi bahkan bisa memicu timbulnya penyakit. Karena itu, menjaga pola tidur anak harus dilakukan agar kesehatan tetap terjaga.

Jumlah waktu tidur yang ideal bagi anak berbeda-beda tergantung tingkat usianya, untuk usia sekolah dasar atau umur 7-12 tahun diperlukan jumlah waktu tidur sekira 11-13 jam dengan pembagian tidur malam 8-9 jam dan tidur siang 2 jam, jika jumlah waktu tidur kurang dari itu maka bisa dikatakan kualitas tidur anak kurang baik.

2. Menjaga Pola Makan
Menjaga pola makan anak sangat penting dilakukan, apalagi saat anak sedang menghadapi ujian sekolah, asupan nutrisi yang baik akan meningkatkan kecerdasan otak serta menjaga tubuh dari berbagai ancaman penyakit.

Makanan yang kaya akan protein, vitamin, mineral dan zat gizi seperti sayur-sayuran dan buah perlu diberikan pada anak, hindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, pemanis buatan, MSG serta garam.

3. Olahraga atau Menjaga Pola Hidup Aktif 
Olahraga rutin sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh, namun beberapa anak tidak suka melakukan olahraga secara rutin, untuk mengakalinya yakni menjaga pola hidup aktif pada anak seperti membiasakan diri bergerak mengambil barang yang dibutuhkan.

Anak yang tidak sering bergerak akan cenderung mudah terserang penyakit karena proses metabolisme melambat, asupan kalori yang seharusnya terbakar menjadi energi justru menumpuk menjadi lemak, akibatnya anak akan menjadi pemalas.

4. Cukup Minum Air Putih
Stres saat menghadapi ujian sekolah bisa mengakibatkan dehidrasi yang mengakibatkan tingkat konsentrasi anak menurun, untuk menghindarinya cukupi kebutuhan air putih yang diperlukan tubuh.

Air putih memiliki manfaat yang luar biasa bagi anak usia pertumbuhan, diantaranya menjaga kesehatan fisik dan mental, anak tetap lincah bergerak, mencerdaskan otak anak, menjaga kesehatan mulut, melancarkan pencernaan serta mencegah kerusakan gigi anak.

5. Menjaga Kebersihan Badan serta Lingkungan
Menjaga kebersihan badan dan lingkungan dapat mencegah serangan mikroorganisme penyebab penyakit, kuman serta jamur sangat mudah berkembang pada lingkungan yang kotor dan lembab, karena itu biasakan mandi minimal dua kali sehari, menggosok gigi sarapan dan sebelum tidur serta mebiaskan cuci tangan pakai sabun.
Baca Juga: Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun Agar Bebas Kuman
6. Beri Perhatian Lebih
Memberi perhatian lebih pada anak saat menghadapi ujian sekolah dapat membantu meninkatkan kualitas mental anak, selain itu motivasi dari seluruh anggota keluraga juga diperlukan agar anak memiliki semangat yang tinggi saat mengerjakan soal-soal ujian.

Demikian tips menjaga kesehatan anak saat menghadapi ujian sekolah, semoga tips ini dapat membantu memotivasi orang tua dalam menjaga kesehatan anak serta anak lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal ujian.

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon