4 Des 2017

Mau Istri Cepat Hamil? Coba Tips Sehat Penyubur Sperma

Mau Istri Cepat Hamil? Coba Terapkan Tips Sehat Penyubur Sperma

Sperma yang subur dan sehat merupakan salah satu penentu agar istri cepat hamil, tidak heran jika para suami selalu mencari cara meningkatkan kualitas sperma agar keinginan untuk memiliki anak cepat tercapai.

Kebanyakan suami menyalahakan istri sebagai penyebab sulit hamil, namun faktanya banyak pria atau suami yang memiliki kualitas sperma kurang baik, yang lebih mencengangkan beberapa dari mereka tidak menyadarinya hingga terjadi keretakan rumah tangga akibat saling menyalahkan.

Ciri-Ciri Sperma Sehat yang Siap Untuk Membuahi


Sperma yang sehat dan berkualitas sebenarnya mudah dikenali secara kasat mata, meskipun tidak 100% benar karena masih diperlukan tes medis yang lebih akurat, namun bisa menjadi tolak ukur sederhana untuk mengetahui kualitas sperma yang baik agar istri cepat hamil.

Ciri-ciri sperma sehat dan subur yang siap untuk membuahi diantaranya:

1. Jumlah cairan mani atau sperma sehat dalam ejakulasi pertama sekira 2,5-3,5 ml dan jumlah sel sperma normalnya  sekira 100 juta sel dalam 1 cc cairan mani, jika cairan mani yang keluar kurang dari 2,5 ml kemungkinan kurang sehat dan sulit untuk membuahi.

2. Cairan sperma sehat dan subur memiliki tingkat kekentalan normal saat pertama kali ejakulasi dan akan mecair setelah beberapa menit, jika cairan sperma tidak mencair dalam beberapa menit bisa menghambat sel sperma dalam mencari sel telur, sehingga keinginan istri cepat hamil sulit terwujud.

3. Sperma sehat dan subur memiliki warna kelabu pucat cenderung putih dengan aroma khas seperti bunga akasia, jika sperma memiliki warna lain kemungkinan terdapat infeksi yang menyebabkan sperma tidak sehat.

4. Derajat keasaman sperma sehat dan subur tidak lebih dari 7 ph atau asam, jika lebih dari 7 ph artinya jumlah sel sperma sedikit atau tidak subur. Agar istri cepat hamil usahakan derajat keasaman sperma maksimal 7 ph.

Cara Meningkatkan dan Memperbaiki Kualitas Sperma


Memiliki sperma yang sehat dan subur menjadi dambaan setiap suami, namun sayangnya banyak suami atau pria yang malas untuk mendapatkannya bahkan tidak tau caranya. Beberapa pria tidak mengetahui jika kebiasaan-kebiasaan buruk yang dijalaninya dapat menjadi penyebab buruknya kualitas sperma yang berakibat istri sulit hamil.

Sebenarnya cukup mudah untuk memiliki sperma yang subur berkualitas supaya istri cepat hamil, ukurannya jika bisa menjaga kesehatan tubuhnya maka kualitas sperma ikut sehat. Agar lebih jelas berikut tips sehat penyubur sperma agar istri cepat hamil.

1. Menjaga Pola Hidup Sehat
Pola hidup sangat berpengaruh pada kualitas sperma, pria dengan pola hidup buruk atau tidak sehat beresiko memiliki sperma yang kurang baik bahkan tidak subur. Karena itu, menerapkan pola hidup sehat harus dilakukan bagi setiap suami yang ingin istrinya cepat hamil.

Pola hidup sehat agar sperma menjadi berkualitas meliputi,
  • Tidak merokok
  • Tidak mengkonsumsi obat terlarang
  • Jauhi stres
  • Cukup waktu tidur
  • Menjaga kebersihan tubuh termasuk alat vital
  • Pola makan seimbang
  • Konsumsi buah dan sayur
  • Cukup air putih

2. Menjaga Berat Badan Normal
Sebuah penelitian yang di Aberdeen University mengungkapkan bahwa pria dengan berat badan normal atau ideal mempunyai sperma lebih banyak serta sehat dibanding pria kurus maupun pria gemuk.

Pria gemuk umumnya memiliki kualitas sperma kurang baik dan cenderung sulit ereksi, sedangkan pria kurus biasanya memiliki jumlah sel sperma sedikit.

Berat badan normal setiap orang berbeda-beda tergantung tinggi badannya, untuk mengetahuinya dapat menggunakan rumus Brocca berikut ini:
Pria
BB ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

Wanita
BB ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

3. Konsumsi Makanan Penyubur Sperma
Makanan yang dapat meningkatkan kualitas dan memperbanyak sperma yaitu makanan yang mengandung zat sebagai berikut,
  • Mengandung Antioksidn tinggi, zat ini dapat meningkatkan pergerakan sperma dan mencegah kerusakan sel sprema saat menuju sel ovum, contohnya wortel, buah berry, sayuran hijau.
  • Mengandung Asam folat / Vit B9, zat ini dapat meningkatkan produksi sperma berkualitas, contoh sayuran hijau, kacang-kacangan, lemon.
  • Mengandung Zinc, zat ini dapat mencegah kegegalan pembuahan akibat sperma yang menggumpal, contohnya tiram, kepiting, lobster.
  • Mengandung Selenium, zat ini mampu merangsang tubuh untuk memproduksi sperma yang sehat dan berkualitas, contohnya iakn tuna, udang, daging sapi, daging ayam.

5. Olahrga Rutin
Olahraga sangat pentig bagi kesehatan tubuh, mengurangi kolesterol, meningkatkan daya tubuh serta dapat mengurangi tingkat stres, efeknya kualitas sperma juga ikut membaik, hal ini diperkuat dengan hasil studi yang menyimpulkan pria yang melakukan olahraga dengan level sedang memiliki kualitas dan jumlah sperma lebih baik.

Sebaiknya hindari olahraga yang berlebihan, hindari penggunaan hormon steroid dan jangan terlalu lama berada diatas sedel sepeda saat melakukan olahraga bersepeda.

Setiap pasangan suami istri pasti mendambakan anak sebagai penerus generasi, namun terkadang keinginan tersebut terasa sangat sulit dicapai, cobalah suami untuk menerapkan tips sehat penyubur sperma agar kualitas sperma meningkat supaya istri cepat hamil.

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon