2 Jan 2018

Cara Mengatasi Obesitas dengan Terapi Alami

Cara Mengatasi Obesitas dengan Terapi Alami Tanpa Obat

Obesitas menjadi masalah kesehatan di Indonesia dengan jumlah penderita cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya, data kementrian kesehatan 2017 menunjukan angka 15% obesitas pada perempuan, begitu juga dengan obesitas pada pria. Salah satu cara menekan kenaikan angka obesitas yakni dengan memberikan pengetahuan pada masyarakat terkait cara mengatasi obesitas dengan terapi alami.

Pada umumnya penyebab obesitas yaitu karena pola makan yang tidak sehat dan cenderung berlebihan, selain itu trend gaya hidup kurang aktif yang terjadi pada masyarakat juga menjadi pemicu naiknya angka obesitas di Indonesia.

Obesitas terjadi karena adanya penumpukan lemak dalam tubuh yang mengakibatkan berat badan naik melebihi indeks massa tubuh (IMT) normal, Ada 2 cara untuk mengukur tingkat kegemukan badan, pertama dengan tes cubit menggunakan alat skinfold calipers agar diketahui tingkat ketebalan jaringan lemak dibawah kulit, tes ini bisa dilakukan di rumah sakit, dan cara kedua dengan menghitung indeks massa tubuh (IMT).

Cara menghitung Indeks Massa Tubuh dapat dilakukan dengan rumus berikut:
IMT = Berat Badan (kg) : Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m)

Nilai indeks massa tubuh (IMT) untuk orang asia, termasuk Indonesia yakni:
IMT normal = 18,5-22,9 kg/m2
Kelebihan Berat Badan = 23-24,9 kg/m2
Kekurangan Berat Badan = Dibawah 18,5 kg/m2
Obesitas = Diatas 25 kg/m2
Untuk menghitung lemak tubuh anak-anak dan perempuan bisa saja mengalami perbedaan dengan nilai diatas, karena itu disarankan jangan terlalu berlebihan mengandalkan nilai indeks massa tubuh untuk mengetahui tingkat obesitas seseorang.

Obesitas biasanya menunjukan beberapa gejala atau gangguan tubuh, seperti sesak napas meskipun saat melakukan aktifitas ringan, nyeri punggung bagian bawah, lutut serta pergelangan kaki, pada jangka panjang akan ditemukan pembengkakn timbunan cairan (edema) di daerah tungkai dan pergelangan kaki.
Baca Juga: Obesitas dan efek Mengerikan Bagi Kesehatan Tubuh

Cara Mencegah dan Mengatasi Obesitas Secara Alami

Mencegah dan mengatasi obesitas sebenarnya sangat mudah dilakukan asalkan memiliki komitemen kuat dan dilakukan secara rutin, berikut sejumlah cara alami untuk menurunkan berat badan atau mengatsi obesitas secara alami tanpa obat, cara ini bisa juga untuk mencegah obesitas.

1. Diet 
Diet dilakukan untuk mengatur asupan kalori yang masuk dalam tubuh setiap hari agar sesuai dengan jumlah kalori yang dikeluarkan melalui berbagai aktifitas fisik. Cara diet yang efektif yakni diet rendah kalori dengan asupan gizi seimbang.

Diet rendah kalori akan meningkatkan pembakaran lemak tanpa mengganggu jmulah protein serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, batasan asupan diet untuk wanita 1200 kalori perhari dan pria 1500 kalori perhari.
Baca Juga: Tips Diet Sehat dengan Makanan Sehat

2. Olahraga
Olahrga sangat bermanfaat untk menurunkan berat badan dan obesitas, selain itu tubuh juga menjadi lebih bugar serta membantu membentuk otot-otot tubuh menjadi lebih kencang dan kuat. Beberpa olahrga yang disarankan seperti lari, berenang, bersepeda, serta senam.

Olahraga harus dilakukan secara rutin dan konsisten dengan memperhatikan intensitas, lama waktu dan frekuensi latihan. Intensitas olahraga yang cukup jika berlatih sampai 70-85% denyut nadi maksimal, dimana denyut nadi maksimal yaitu 220 dikurangi umur.

Sedangkan lama waktu olahraga dianggang cukup jika dilakukan selama 20-45 menit, dan frekuensi latihan yang cukup jika olahraga dilakukan minimal 3 hari dalam seminggu, namun akan lebih baik jika olahraga dilakukan setiap hari.

3. Akupuntur
Mengatasi obesitas atau menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan terapi akupuntur, terapi ini dilakukan dengan menusukan jarum pada sejumlah titik untuk membantu mengendalikan nafsu makan.

Terapi akupuntur untuk mengatasi obesitas bisa dilakukan oleh ahli akupuntur di klinik akupuntur terpercaya atau di beberapa rumah sakit yang menyediakan terapi akunpuntur.

4. Herbal
Beberapa tanamal herbal diketahui bermanfaat untuk mengatasi obesitas atau menurunkan berat badan, beberapa diantaranya:
  • Jeruk Nipis, buah ini mengandung senyawa kimia seperti limonen, linalin asetat dan asam sitrat yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan, caranya dengan mememeras jeruk nipis dan diambil airnya, lalu tambahkan dengan air hangat untuk diminum.
  • Teh Hijau, kaya akan antioksidan yang bermanfaat sebagai anti kanker, memperbaiki fungsi metabolisme tubuh dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Caranya dengan mengkonsumsi teh hijau pada pagi dan sore hari, untuk lebih maksimal dapat ditambahkan perasan jeruk nipis.
  • Temu Lawak, kandungan karbohidrat yang tinggi dapat membantu membuat perut terasa lebih kenyang, sehingga nafsu makan dapat terkendali, caranya iris tips temulawak dan seduh dengan air mendidih, tambahakan madu secukupnya dan aduk rata, saring airnya untuk diminum.
Baca Juga: Cara Mengatasi Obesitas dengan Terapi Nutrisi
Cara paling efektif untuk mengatasi obesitas atau menurunkan berat badan sebenarnya dengan melakukan gaya hidup sehat serta pola makan sehat seimbang, selain itu membiasakan melakukan aktifitas fisik juga dapat membantu mebkar kalori lebih banyak, sehigga tidak terjadi penumpukan kalori yang dapat berubah menjadi lemak.

Baca Juga :

kabarklinik.com ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami pada bidang kesehatan dan sebagai wujud kepedulian kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia
Jika ada pertanyaan maupun saran yang terkait dengan tema artikel silahkan kirim komentar dibawah atau bisa melalui menu Kontak

Follow sosial media kabarklinik berikut


EmoticonEmoticon